Rehabilitasi Fasum Rusak Pasca Gempa di Pulau Bawean Dipercepat

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:06 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan, terkait perbaikan rumah warga, akan ditanggung oleh BNPB dengan pemberian stimulan dana berupa Rp15 juta bagi rumah rusak ringan, Rp30 juta rumah rusak sedang.

Sedangkan rumah rusak berat akan dibangun oleh BNPB.

"Namun, untuk warga yang rumahnya rusak ringan dan sedang ingin cepat memperbaiki rumahnya, Pemprov akan memberikan bantuan semen dan genteng," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto menambahkan, Pemprov Jatim telah mengirimkan bantuan 900 sak semen dan 7.000 genteng untuk membantu recovery bangunan retak yang dapat diperbaiki segera.

“Sesuai arahan Pak Pj Gubernur semua fasum mulai sekolah, masjid dan gedung desa kami bantu perbaikan sesegera mungkin,” katanya.

Diketahui sebelumnya, sebuah rangkaian gempa bumi yang mengguncang Laut Jawa, khususnya Timur Laut Tuban pada Jumat (22/3/2024).

Gempa pertama, dengan magnitudo 6,0, terjadi pada pukul 11.22 WIB, diikuti oleh gempa susulan yang lebih kuat, magnitudo 6,5, pada pukul 15.52 WIB. Dampak getaran terkuat terjadi Pulau Bawean dengan intensitas skala MMI V-VI.

Total bangunan yang rusak akibat kedua gempa tersebut mencapai 4.865 unit, dengan rincian kerusakan yang mencengangkan.

Tidak hanya rumah tangga yang terkena dampak, tetapi juga fasilitas pendidikan, kesehatan, dan tempat ibadah. Sekitar 15.731 jiwa terpaksa mengungsi, termasuk anak-anak, dewasa, dan lansia, yang kini harus menghadapi tantangan baru dalam upaya pemulihan.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)