Ketua DPRD Kendal Rekomendasikan Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Program Prioritas di Musrenbang 2025

Senin, 25 Maret 2024 - 17:16 WIB
loading...
Ketua DPRD Kendal Rekomendasikan Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Program Prioritas di Musrenbang 2025
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun menyampaikan beberapa rekomendasi dalam Musrenbang RKPD 2025. (Foto: istimewa)
A A A
KENDAL – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendal Muhammad Makmun merekomendasikan persoalan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Kendal menjadi program prioritas yang harus dibahas dan diselesaikan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.

Makmun mengatakan, meski angka pengangguran mengalami penurunan, namun Pemkab Kendal harus terus memberi penekanan. Hal tersebut dia ungkapkan saat memberikan sambutan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2025di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin (25/3/2024).

“Angka pengangguran memang sudah mengalami penurunan dari tahun ke tahun, tapi Pemkab Kendal harus terus memberikan penekanan,” ujarnya.

Musrenbang berlangsung selama dua hari, yaitu pada Senin (25/3/2024) dan Selasa (26/3/2024).

Ketua DPRD Kabupaten Kendal sekaligus politisi tersebut juga mengusulkan penanganan jalan-jalan yang dalam kondisi rusak. Dalam catatannya, jalan kabupaten yang dalam kondisi rusak berat sepanjang 1.531 kilometer, rusak sedang 64.644 kilometer, rusak ringan 261.606 kilometer.

Tinggginya angka jalan rusak tersebut, terutama kategori rusak berat, perlu mendapatkan prioritas penanganan dan dimasukkan ke dalam skala prioritas. Selain itu, pemkab perlu juga menelusuri untuk mengambil alih jalan-jalan desa menjadi jalan kabupaten, sehingga akan terjadi percepatan dalam proses pembangunan.

“Pemkab juga perlu menggencarkan pembangunan ekonomi kerakyatan, termasuk pembangunan pasar-pasar tradisional. Termasuk Pasar Weleri yang hingga kini baru terselesaikan pembangunan tahap satu,” katanya.

Kendal Inklusif

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sugiono saat membacakan sambutan Bupati Dico M Ganinduto yang sekaligus membuka Musrenbang tersebut menyampaikan, Musrenbang RKPD 2025 ini merupakan fondasi awal bagi pembangunan Kendal ke depan yang selaras dengan RPJP 2025-2045.

Untuk itu, Pemkab Kendal mengusung tema "Kendal Inklusif" dalam Musrenbang 2025 ini dengan merencanakan program-program pembangunan yang berdampak pada peningkatan perekonomian dan kemakmuran masyarakat Kendal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)