Sempat Ditutup karena Cuaca Buruk, Akses Pelayaran ke TN Komodo Akhirnya Kembali Dibuka

Senin, 18 Maret 2024 - 08:52 WIB
loading...
Sempat Ditutup karena Cuaca Buruk, Akses Pelayaran ke TN Komodo Akhirnya Kembali Dibuka
Akses pelayaran ke TN Komodo, Manggarai Barat, NTT akhirnya dibuka kembali menyusul cuaca yang perlahan membaik. Foto/Ist
A A A
MANGGARAI BARAT - Kabar gembira bagi para pecinta wisata alam! Akses pelayaran ke Taman Nasional (TN) Komodo, Manggarai Barat , Nusa Tenggara Timur (NTT) telah kembali normal setelah cuaca di kawasan tersebut membaik.

Kepala KSOP Labuan Bajo, Stephanus Risdiyanto, mengatakan bahwa izin pelayaran ke TN Komodo telah diberikan kembali mulai Minggu (17/3/2024) dengan tetap memperhatikan prakiraan cuaca dari BMKG.

"Syukurlah, cuaca di kawasan TN Komodo semakin membaik. Oleh karena itu, KSOP telah memberikan izin kembali kepada kapal-kapal yang ingin melakukan pelayaran," kata Risdiyanto.

Meskipun demikian, Risdiyanto mengingatkan para nahkoda kapal untuk selalu memantau kondisi cuaca maritim melalui laman resmi BMKG sebelum berlayar. Ia juga mengimbau para nahkoda untuk saling berbagi informasi tentang cuaca di tengah laut dan segera memberitahukan kapal lain jika mengetahui akan bahaya cuaca.



Pihak KSOP Labuan Bajo, terutama, mengingatkan para nahkoda untuk berhati-hati saat melintasi perairan bagian selatan kawasan TN Komodo, yang mencakup Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

"KSOP akan terus memantau kondisi cuaca di daerah tersebut. Jika cuaca kembali memburuk, kami akan menutup kembali aktivitas pelayaran," tegas Risdiyanto.

Sebelumnya, KSOP Wilayah III Labuan Bajo sempat menutup akses berlayar ke kawasan TN Komodo akibat cuaca ekstrem. Wisatawan hanya diizinkan untuk mengunjungi Pulau Rinca.

Penutupan akses pelayaran ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para wisatawan dan awak kapal.

Dengan kembali normalnya akses pelayaran ke TN Komodo, para wisatawan kini dapat kembali menikmati keindahan alam dan bertemu dengan komodo, hewan purba yang ikonik dan eksotis.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)