HUT ke-70 Jawa Tengah Usung Tema Jateng Peduli Sesama

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 07:40 WIB
loading...
HUT ke-70 Jawa Tengah Usung Tema Jateng Peduli Sesama
Kalimat Jateng Peduli Sesama menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Provinsi Jawa Tengah.Foto SINDOnews
A A A
SEMARANG - Kalimat 'Jateng Peduli Sesama' menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Provinsi Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan tema itu diberikan, namun makna yang terkandung ternyata sangatlah dalam. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sendiri yang mencetuskan tema tersebut. Ia membeberkan alasan pemilihan tema itu dalam perayaan hari jadi Jateng yang akan diperingati pada Sabtu (15/8/2020) besok.

"Tema itu saya pilih karena saya ingin mengajak masyarakat untuk saling peduli kepada sesama. Saat banyak usulan tema masuk, saya buat sendiri tema itu. Jika biasanya tema ulang tahun itu terlalu tinggi, hari ini kita butuh yang membumi," terang Ganjar, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, ada banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan dalam kondisi pandemi saat ini. Mereka yang terdampak pandemi, membutuhkan kepedulian sesama untuk membantu pekerjaan, makan, bahkan kuota internet. "Harapan saya, dengan tema ini maka relasi antar masyarakat di Jateng yang terkenal guyub rukun, betul-betul dapat diimplementasikan," terangnya.

Tak hanya tema semata, tindakan kongkret lanjut Ganjar juga telah dilakukan untuk merealisasikan tema Jateng Peduli Sesama itu. Sejumlah kegiatan yang sifatnya membantu masyarakat, langsung dikeluarkan secara bersama-sama oleh Pemprov Jateng. (Baca:Warga Jateng Diizinkan Gelar Tirakatan, Ganjar Ingatkan Protokol Kesehatan )

"Teman-teman ASN langsung punya ide cemerlang, mereka langsung mengeluarkan bantuan secara bersama-sama. Ada yang membantu membangun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), ada bantuan untuk penyandang disabilitas dan bantuan-bantuan lain. Saya harap tidak hanya bantuan dari pemerintah, tapi masyarakat juga ikut membantu demi membangun keharmonisan dan kemesraan antar warga Jateng," imbuhnya.

Sesuai dengan temanya, Ganjar mengatakan bahwa perayaan Hari Jadi ke-70 Jateng akan berbeda dari tahun-tahun biasanya. Kali ini, tidak mungkin perayaan itu dirayakan dengan kemeriahan. "Tentu saja tidak mungkin kita merayakan kemeriahaan, karena tidak boleh kumpul-kumpul. Kedua, di tengah kondisi kesusahaan saat ini, tentu tidak elok kita membuat acara yang meriah," jelasnya.

Perayaan kali ini lanjut Ganjar harus dilakukan dalam kesederhanaan. Meski begitu, semuanya tidak boleh menghilangkan makna dari perayaan itu.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)