Salut! Pastor Katolik Asal NTT Lolos Seleksi Perwira Polri, Ini Profilnya

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:47 WIB
loading...
Salut! Pastor Katolik Asal NTT Lolos Seleksi Perwira Polri, Ini Profilnya
Pastor Katolik dari Keuskupan Ruteng, RD Oktavianus Pelagian Ranta resmi menjadi anggota Kepolisian RI (Polri). Foto/Istimewa
A A A
MANGGARAI BARAT - Seorang pastor Katolik dari Keuskupan Ruteng, NTT, RD Oktavianus Pelagian Ranta, resmi menjadi anggota Kepolisian RI (Polri). Belum lama ini, dirinya lolos Seleksi Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Keuskupan Ruteng, RD Manfred Habur mengatakan, jadi anggota Polri merupakan syarat yang harus dipenuhi pastor muda tersebut untuk kemudian bisa bertugas di Keuskupan TNI-Polri.

”Sebagai persyaratan, mereka harus menjadi anggota organik TNI-Polri. Karena itu, mereka harus mengikuti pendidikan resmi Akademi TNI/Polri,” kata RD Manfred dalam keterangannya, Sabtu (16/3/2024).

Pasalnya, Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat mengutus RD Oktavianus mengikuti seleksi perwira Polri untuk menjawab permintaan Uskup Keuskupan TNI-Polri, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo.



Uskup Keuskupan TNI Polri Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, kata dia, secara resmi telah meminta kesediaan Uskup Ruteng untuk mengutus seorang imam diosesan dalam rangka pelayanan di Keuskupan TNI-Polri.

”Uskup Ruteng telah mengutus Romo (RD) Oktavianus Pelagian Ranta secara resmi untuk pelayanan di Keuskupan TNI-Polri,” jelasnya.

Sebelum mengikuti seleksi tersebut, Oktavianus telah menghabiskan waktu sebagai pastor rekan di Paroki Santa Familia Wae Nakeng, Kecamatan Lembor, Manggarai Barat, NTT.

Kabid Humas Poda NTT Kombes Pol Ariasandy mengatakan, ini merupakan yang pertama di Indonesia, seorang pastor Katolik diterima bergabung dalam keanggotaan Polri.

”Ini merupakan hal yang luar biasa, karena yang bersangkutan menjadi sosok pertama dari kalangan pastor agama Katolik yang diakomodir dalam penerimaan Polri,” ujar Ariasandy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)