Tanah Bergerak Terjang Toraja, 9 Rumah Rusak dan Puluhan Warga Mengungsi

Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:01 WIB
loading...
Tanah Bergerak Terjang Toraja, 9 Rumah Rusak dan Puluhan Warga Mengungsi
Bencana alam Tanah Bergerak menerjang permukiman warga di Dusun Tandung, Lembang Buri, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Foto; iNews TV/Jufri Tonapa
A A A
TANA TORAJA - Bencana alam Tanah Bergerak menerjang permukiman warga di Dusun Tandung, Lembang Buri, Kecamatan Rembon, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Guncangan tanah menyebabkan 9 rumah warga mengalami retak parah dan kerusakan akibat pergeseran tanah.

Cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir, khususnya hujan deras, telah melemahkan stabilitas tanah di permukiman warga. Hal ini menyebabkan terjadinya bencana tanah bergerak yang mengancam keselamatan warga.

Warga yang terkena dampak harus segera menyelamatkan barang-barang berharga dan terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebanyak 51 jiwa dari 9 kepala keluarga kini mengungsi, meninggalkan rumah mereka yang rusak akibat bencana alam tersebut.



Danramil 09 Saluputti Peltu Cornelius Lolo menyatakan bahwa peristiwa ini menimbulkan kepanikan di kalangan warga karena terjadi secara tiba-tiba. Rumah-rumah retak dan tergerak, memicu ketakutan dan trauma di antara warga untuk kembali ke rumah mereka.



”Kejadian pada Rabu (13/3) pukul 14.00 WITA, untuk sementara kami sudah mendirikan tenda darurat, semoga situasi segera pulih dan warga dapat kembali ke rumah mereka dengan aman,” kata Peltu Cornelius Lolo, Sabtu (16/3/2024).

Warga diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati, mengingat potensi bencana susulan masih sangat mungkin terjadi karena hujan masih terus mengguyur daerah Tana Toraja dan sekitarnya. Warga meminta pemerintah turun tangan dalam upaya penanganan darurat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)