Cuaca Ekstrem di Sumba Timur, Gedung Sekolah dan Mess Guru Rusak Berat

Rabu, 13 Maret 2024 - 22:16 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem di Sumba Timur, Gedung Sekolah dan Mess Guru Rusak Berat
Cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda Kabupaten Sumba Timur menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa bangunan sekolah serta mess guru. Foto/Dion Umbu Ana Lodu
A A A
SUMBA TIMUR - Cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda Kabupaten Sumba Timur menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa bangunan sekolah serta mess guru. Tidak ada korban jiwa atau terluka karena saat kejadian sekolah sedang kosong.

Mess guru SDN Laitaku ambruk tertiup angin kencang, jalan penghubung antar desa juga tergerus banjir bandang. BPBD dan Dinas PU Sumba Timur masih mendata kerusakan yang terjadi dan meminta warga mewaspadai potensi bencana.

Gedung SDN Mandas di Desa Mandahu, Kecamatan Katala Hamu Lingu tertimpa pohon besar yang tumbang diterjang angin kencang. Pohon besar tercabut dari akarnya dan menimpa ruang kelas SDN Mandas pada Minggu (10/3/2024).



Kabid Kadaruratan dan Logistik BPBD Sumba Timur, Umbu Rama Awang mengatakan, cuaca ekstrem merupakan dampak dari fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Equatorial Rossby.

Selain itu, cuaca ekstrem ditandai hangatnya suhu permukaan laut dan kelembapan yang cukup basah di tiap lapisan atmosfer. Kondisi ini ditandai hujan dengan intensitas tinggi yang berdampak pada terjadinya banjir.

“Di wilayah selatan Sumba Timur, jalan utama yang menghubungkan Desa Hambawutang dengan Kecamatan Ngadu Ngala tergerus banjir. Ruas jalan provinsi di pinggiran sungai nyaris putus diterjang arus banjir bandang,” katanya.



Sampai saat ini BPBD Sumba Timur masih terus melakukan pendataan terkait dampak cuaca ekstrem. BPBD Sumba Timur juga telah mengeluarkan peringatan kewaspadaan pada 22 kecamatan terkait cuaca ekstrem.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3620 seconds (0.1#10.140)