alexametrics

TNI AL Amankan 40 TKI dari Malaysia Masuk Ilegal ke Indonesia

loading...
TNI AL Amankan 40 TKI dari Malaysia Masuk Ilegal ke Indonesia
Lanal Batam berhasil mengamankan 40 TKI dari Malaysia yang masuk ke Batam secara ilegal, Minggu (16/9/2018). FOTO/iNews/GUSTI YENNOSA
A+ A-
BATAM - Puluhan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berusaha kembali ke Tanah Air secara ilegal diamankan petugas dari Anggota Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam, Minggu (16/9/2018). Para TKI tersebut ditinggalkan sekitar 200 meter dari bibir pantai karena calo atau tekong melarikan diri.

Total TKI yang berhasil diamankan sebanyak 40 orang. Mereka pulang ke Indonesia melalui Batam setelah bekerja di Malaysia. Kedatangan para TKI tidak melalui pelabuhan resmi tapi pelabuhan rakyat yang ada di Pantai Nongsa. Setelah diangkut menggunakan kapal, mereka disuruh turun dan berjalan ke pantai. Saat sampai di bibir pantai para TKI itu langsung diamankan.

"Sayangnya calo atau tekong berhasil kabur ke dalam hutan," kata Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan, Minggu (16/9/2018).

Menurutnya, Pantai Nongsa kerap dijadikan tempat berlabuhnya para TKI ilegal dari Malaysia ke Batam atau dari Batam ke Malaysia. Berdasarkan keterangan dari para TKI, mereka dikenakan biaya 1.500-2.500 ringgit Malaysia atau setara Rp3 juta-Rp5 juta untuk sampai ke Batam. Mereka juga kembali dimintai uang sesampai di pantai untuk biaya keamanan.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak