Paus Fransiskus Angkat RD Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang

Minggu, 10 Maret 2024 - 10:31 WIB
loading...
Paus Fransiskus Angkat RD Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang
Revendus Dominus (RD) Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang, menggantikan Mgr Petrus Turang. Foto/Ist
A A A
KUPANG - Pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus , resmi mengangkat dan menetapkan Revendus Dominus (RD) Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Agung Kupang, menggantikan Mgr Petrus Turang.

Informasi pengangkatan uskup baru ini diumumkan Mgr Turang pada Perayaan Ekaristi Minggu Prapaskah IV di Gereja Santa Maria Asumpta, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (9/3/2024) petang.

"Pada hari ini, tanggal 9 Maret 2024, pukul 12:00 siang waktu Roma, pukul 19:00 waktu Kupang, Sri Paus Fransiskus mengumumkan pengangkatan Reverendus Dominus (RD) Hironimus Pakaenoni sebagai Uskup Metropolitan Kupang, sesudah Mgr Turang mengajukan pengunduran diri sesuai Kanon 401 Pasal 1 dan diterima sepenuhnya oleh Sri Paus dengan status Emeritus Uskup Agung Kupang,” ucap Mgr Turang jelang penerimaan Komuni Kudus.

"Inilah Uskup Agung Kupang yang baru, Yang Mulia Mgr Hironimus Pakaenoni. Selamat melayani dalam kegembiraan Injil, dengan motto ‘Pasce Oves Meas’ (Gembalakanlah Domba-domba-Ku),” sambungnya.



Lebih lanjut, Mgr Turang mengutip surat dari Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo, yang ditujukan kepadanya.

"Sambil menyampaikan keputusan ini, saya bergembira bersama Anda semua – imam, biarawan-biarawati, dan umat beriman – dari Gereja Lokal yang terhormat ini. Dan saya mengundang untuk mendoakan Uskup Agung Terpilih dan menyambutnya sepenuh hati sebagai gembalanya,” ungkap Mgr Turang.

"Selanjutnya, atas nama Bapa Suci dan dari pihak saya, secara terbuka saya hendak mengungkapkan kepada Anda – jadi kepada saya – rasa syukur dan penghormatan mendalam atas pelayanan Anda yang murah hati bagi Keuskupan Agung Kupang karena Anda selalu berada dekat dengan umat Allah, memelihara kemajuan mereka dalam melayani Gereja serta melayani mereka dengan kecerdasan, kebijaksanaan pastoral dan hati yang sederhana. Mohon terimalah Yang Mulia dan kita sekalian,” imbuhnya.

Bersamaan dengan pengangkatan Uskup baru tersebut, Paus Fransiskus menetapkan Mgr Turang sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Kupang sampai pentahbisan Uskup Agung Kupang terpilih.

"Demi pemerintahan Gerejani di sini berlangsung terus dalam sede vacante. Jadi sekarang sede vacante, takhta kosong. Maka Sri Paus dalam hal ini, Propaganda Fidei, mengeluarkan dekrit tertulis yang menetapkan Mgr. Petrus Turang sebagai Administrator Apostolik. Artinya memimpin atas nama Sri Paus sampai Uskup Terpilih mengambil alih pemerintahan Gerejani atau kuasa kegembalaan secara kanonik sesudah ditahbiskan menjadi uskup,” terang Mgr Turang.

“Jadi mulai saat ini tidak ada lagi sebutan Uskup Agung Kupang untuk Uskup Turang. Tapi mulai saat ini saya disebut Administrator Apostolik Keuskupan Agung Kupang," tambahnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)