Persib vs Persija, Polda Jabar Terapkan Pola Pengamanan 3 Ring

Kamis, 07 Maret 2024 - 14:08 WIB
loading...
Persib vs Persija, Polda Jabar Terapkan Pola Pengamanan 3 Ring
Karo Ops Polda Jabar Kombes Pol Budi Wasono menjelaskan pengamanan laga klasik Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalan Harupat, Kabupaten Bandung. Foto/MPI/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Polda Jabar siap mengamankan laga klasik atau duel Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalan Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024). Kepolisian menerapkan tiga pola ring pengamanan agar laga bergengsi itu berlangsung aman.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jabar Kombes Pol Budi Wasono mengatakan, Polda Jabar telah menggelar rapat bersama manajemen PT Persib Bandung Bermartabat dan perwakilan suporter atau bobotoh.



"Dua hari lalu, kami sudah rapat di Soreang, Kabupaten Bandung. Hadir dalam rapat itu, bobotoh, manajemen Persib, Polresta Bandung, dan Polda Jabar," kata Karo Ops Polda Jabar kepada wartawan, Kamis (7/3/2024).

Pola pengamanan pertandingan nanti, ujar Kombes Pol Budi Wasono, tidak jauh berbeda dari laga-laga sebelumnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Polanya masih sama. Ring satu oleh steward. Ring dua dan tiga oleh TNI, Polri dan instansi terkait lainnya," ujar Kombes Pol Budi Wasono.

Saat ini, tutur dia, belum ada keputusan resmi apakah pertandingan akan dihadiri penonton atau tidak.



Namun prinsipnya, kepolisian siap mengamankan agar pertandingan tersebut berjalan aman, tertib, dan lancar.

"Itu keputusan dari PSSI. Kalau tidak salah hari ini masih rapat di pusat. Masalah ada tidaknya penonton, kami masih menunggu hasil rapat itu," tutur Karo Ops Polda Jabar.

"Kalau putusannya ada penonton, kami siap. Tidak ada pun (penonton) kami siap tetap melakukan pengamanan," ucap Kombes Pol Budi Wasono.

Diketahui, Persib Bandung dijatuhi sanksi oleh Komite Disiplin PSSI berupa menggelar laga kandang tanpa penonton. Sanksi ini dijatuhkan akibat kerusuhan dan penganiayaan yang terjadi di luar perimeter stadion oleh suporter seusai Persib melawan PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat, pada 27 Februari 2024.

Persib pun mengajukan keberatan dengan melayangkan banding ke Komisi Disiplin PSII agar laga Persib melawan Persija tetap bisa disaksikan penonton.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)