Miris, Puluhan Siswi SMPN 2 Saptosari Ramai-ramai Sayat Pergelangan Tangan

Rabu, 06 Maret 2024 - 19:04 WIB
loading...
Miris, Puluhan Siswi SMPN 2 Saptosari Ramai-ramai Sayat Pergelangan Tangan
Puluhan pelajar perempuan atau siswi SMPN 2 Saptosari, Gunungkidul melukai diri sendiri karena diduga mengalami tekanan mental dan pengaruh TikTok. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
GUNUNGKIDUL - Diduga alami tekanan mental dan pengaruh TikTok, puluhan pelajar perempuan atau siswi SMPN 2 Saptosari Gunungkidul melukai diri sendiri. Aksi ini pertama kali diketahui akhir tahun 2023 lalu dan kini jumlahnya terus bertambah.

Puluhan siswi dari berbagai kelas ini nekat menyayat pergelangan tanga sendiri menggunakan silet untuk mengalihkan beban mental mereka sendiri. Mereka tega menyakiti diri sendiri dipicu karena permasalahan keluarga.



Wakil kepala sekolah SMPN 2 Saptosari Mujiono mengakui adanya peristiwa self harm atau menyakiti diri sendiri di di SMPN 2 Saptosari, Gunungkidul.

Kasus self harm tersebut justru dilakukan oleh pelajar putri. Kasus pertama kali diketahui akhir tahun lalu namun kasusnya terus bertambah.

"Self harm ini seolah menjadi trend diduga karena pengaruh oleh media sosial, TikTok," ungkap dia.

Self Harm itu sebuah tindakan menyakiti diri sendiri untuk menghilangkan rasa frustasi, stres, dan berbagai macam emosi. Diketahui, mereka kedapatan melukai diri sendiri dengan cara menyayat tangan dengan silet.



Dia menyebut para siswa ini menjadi korban pengaruh negatif media sosial platform TikTok. Terlebih belakangan ini platform-platfom media sosial sudah tidak terbendung lagi.

"faktor pemicu lainnya adalah karena persoalan keluarga di mana membuat para siswa tertekan secara mental," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)