Pleno KPU Kabupaten Manggarai Barat: Prabowo-Gibran Unggul di 11 Kecamatan

Senin, 04 Maret 2024 - 09:55 WIB
loading...
Pleno KPU Kabupaten Manggarai Barat: Prabowo-Gibran Unggul di 11 Kecamatan
Prabowo-Gibran unggul di 11 Kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
MANGGARAI BARAT - Selesai sudah rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Krispianus Bheda mengatakan, pihaknya lebih lanjut akan mengikuti rapat pleno rekapitulasi jenjang KPU Provinsi NTT, baik untuk penghitungan suara Pilpres maupun pemilihan Legislatif (Pileg).

”Hanya DPD, DPR, DPR Provinsi, dan pilpres dilaporkan di pleno rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat KPU Provinsi. Sementara, DPRD Kabupaten sudah di kabupaten,” kata Bheda dalam keterangannya, Senin (4/3/2024).



Pada kategori Pilpres 2024, rapat pleno tingkat KPU Kabupaten Manggarai Barat mencatat pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) menang telak atas lawan-lawannya.

Paslon nomor urut 2 tersebut berhasil mengungguli 2 paslon lain di 11 dari total 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat. KPU Manggarai Barat mencatat, pasangan ini hanya menelan kekalahan di Kecamatan Kuwus Barat.

Hasil pemungutan suara Pilpres 2024 di Kecamatan Kuwus Barat dimenangkan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran hanya mampu bertengger di urutan kedua.



Adapun Prabowo-Gibran sukses meraup sebanyak 92.518 suara dari total 155.419 surat suara sah. Pasalnya, ada sebanyak 2.045 surat suara yang dinyatakan tidak sah dari hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai Barat.

Perolehan suara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul jauh di atas paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, lebih lagi dengan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Ganjar-Mahfud yang berada di urutan kedua tercatat hanya mengantongi sebanyak 50.594 suara. Lebih sedikit lagi raihan paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yakni hanya mengumpulkan sebanyak 12.307 suara.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)