alexametrics

Viral, Siswa SMP Panjat Tiang Bendera saat Upacara Kemerdekaan RI

loading...
Viral, Siswa SMP Panjat Tiang Bendera saat Upacara Kemerdekaan RI
Yohanes Dama Marshal, siswa kelas 7 SMP Negeri Silawan, Kabupaten Belu, NTT mendapat apreasi karena telah memanjat tiang bendera untuk mengambil tali bendera yang terlepas, Jumat (17/8/2018). FOTO/IST
A+ A-
JAKARTA - Sebuah video yang merekam siswa SMP memanjat tiang bendera beredar luas melalui media sosial, Jumat (17/8/2018). Belakang diketahui bahwa anak tersebut mengambil ujung tali yang terlepas dari bendera Merah Putih saat akan dikibarkan.

Peristiwa ini terjadi pada upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Dusun Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Lester tersebut dihadiri Wakil Bupati Belum JT Ose Luan, perwakilan Kementerian Luar Negeri, utusan dari pemerintah Timor Leste, siswa, dan ribuan warga.

Kepala Desa Silawan, Ferdi Mones yang mengikuti upacara menuturkan anak yang memanjat besi tiang bendera adalah Yohanes Dama Marshal, siswa kelas 7 SMP Negeri Silawan. "Dia biasa dipanggil Jhony Kala," kata Ferdi saat dihubungi SINDOnews, Jumat (17/8/2018) sore.

Kenekatan Jhony Kala memanjat tiang bendera setinggi 23 meter diawali terlepasnya ujung tali yang mengikat bendera saat ditarik untuk dikibarkan. Mengetahui hal itu, Camat Tasifeto, Omsinus Kote memerintahkan untuk mencari orang yang bisa mengambil tali bendera di atas tiang.



"Dengan kesadaran sendiri, Jhony Kala maju dan memanjatnya," kata Ferdi.

Seperti terlihat dalam video, Jhony Kala terlihat sangat mahir memanjat. Keahlian memanjat memang banyak dimiliki oleh warga Belu. Tak lebih dari 2 menit, akhirnya Jhony berhasil mengambil ujung tali dan membawa turun. "Setelah itu, upacara Hari Kemerdekaan RI kembali dilanjutkan," tutur Ferdi.

Seusai upacara, Jhony Kala mendapat apreasi dari banyak pihak. Salah satunya dari Wakil Bupati Belum JT Ose Luan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Wabup menjanjikan beasiswa dan akan diajak menghadap Bupati Belu Willybrodus Lay. Selain itu, perwakilan Kemenlu juga memberikan hadiah uang dan kaus kepada Jhony Kala. "Jhony mengaku sangat bangga bisa naik sampai di atas. Itu sebagai bukti nasionalismenya," kata Ferdi.

Ferdi juga mengaku sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh Jhony Kala. Menurutnya, ini menunjukkan rasa nasionalisme terhadap NKRI tumbuh dan berkembang baik di wilayah perbatasan ini.

   

(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak