Besok Puncak Acara Festival Cheng Ho, Ini Ragam Acaranya

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 15:15 WIB
Besok Puncak Acara Festival Cheng Ho, Ini Ragam Acaranya
Besok Puncak Acara Festival Cheng Ho, Ini Ragam Acaranya
A A A
SEMARANG - Puncak acara Festival Cheng Ho di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang berlangsung sejak Kamis (9/8/2018) lalu akan berlangsung pada Minggu (12/8/2018). Puncak acara dimeriahkan dengan beragam atraksi hiburan, seperti barongsai naga sakti, performance wushu, tarian 1.000 tangan, hingga Cheng Ho Night Festival. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta perwakilan Kementerian Pariwisata dijadwalkan menghadiri puncak acara Festival Cheng Ho di Kelenteng Sam Poo Kong.

Pada Minggu (12/8/2018) pagi, arak-arakan diawali dengan ritual pengiriman Abu Kimsin dari Kelenteng Tay Kak Sie yang berada di Gang Lombok ke Kelenteng Sam Poo Kong di Gedung Batu, Simongan. Siangnya, Abu Kimsin akan kembali diarak dari Sam Poo Kong menuju kelenteng Tay Kak Sie.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Alamsyah mengatakan, Festival Cheng Ho merupakan perayaan atas penghargaan terhadap Laksmana Cheng Ho yang memberikan makna penting dalam persatuan bangsa. Akulturasi budaya Jawa dan Tiongkok yang menjadi tradisi menarik diperingati setiap tahun.

Akan ada banyak kegiatan yang digelar selama Festival Cheng Ho yang berlangsung selama 11 hari, sejak Kamis (9/8/2018) hingga Minggu (19/8/2018) mendatang. Dari mulai ritual sembahyang, tampilan budaya, arak-arakan, bakti sosial, dan aneka lomba-lomba dengan total hadiah jutaan rupiah. "Harapannya bisa mendongkrak kunjungan wisata di Jawa Tengah dan Kota Semarang khususnya," ujar Alamsyah, Sabtu (11/8/2018).

General Manager Sam Poo Kong, Anandita Renaldie menambahkan, Festival Cheng Ho kali ini dipusatkan di Klenteng Sam Poo Kong, Jalan Simongan 129, Semarang. "Festival kali ini dilaksanakan lebih menarik dan megah dibandingkan tahun sebelumnya karena festival ini didukung oleh Kementerian Pariwisata," kata Anandita.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4251 seconds (0.1#10.140)