Kisah Samudera Pasai, Kerajaan Islam Pertama Nusantara yang Kuasai Perdagangan Internasional

Minggu, 25 Februari 2024 - 06:14 WIB
loading...
A A A
Warga Pasai umumnya telah menanam padi di ladang, yang dipanen 2 kali setahun, serta memilki sapi perah untuk menghasilkan keju. Sedangkan rumah penduduknya memiliki tinggi rata-rata 2.5 meter yang disekat dijadikan sebagian bilik, dengan lantai terbuat dari bilah-bilah kayu kelapa atau kayu pinang yang disusun dengan rotan, dan di atasnya dihamparkan tikar rotan atau pandan.

Sementara untuk kepentingan perdagangan sudah dikenal uang sebagai alat tukar yaitu uang sebagai alat tukar yaitu uang emas yang dinamakan Deureuham (dirham).

Seiring berjalannya waktu lambat laun sinar Kerajaan Samudera Pasai mulai meredup. Ada dua sumber yang menyebut kemunduran Samudera Pasai, pertama karena adanya serangan dari Kerajaan Siam di Thailand.

Kedua karena ekspansi Kerajaan Majapahit yang dilakukan sekitar tahun 1360 M. Selanjutnya pada tahun 1524 M ditaklukkan oleh kerajaan Aceh, sejak saat itulah keberadaan Kesultanan Samudera Pasai hanya menjadi cerita sejarah bagi segolongan masyarakat di Aceh sana.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)