Prabu Jayabaya Beri Tanda Kiamat Semakin Dekat, Begini Isi Ramalannya

Sabtu, 24 Februari 2024 - 08:22 WIB
loading...
Prabu Jayabaya Beri Tanda Kiamat Semakin Dekat, Begini Isi Ramalannya
Raja Kediri 1135-1159 Masehi Prabu Jayabaya. Foto/Istimewa
A A A
Sabdo Palon salah satu Ramalan Jayabaya soal tanda-tanda kiamat yang akan terlihat muncul di tanah Jawa yang mulai tampak. Mulai dari wabah hingga bencana alam yang terrjadi seperti yang ditulis Sabdo Palon.

Kejatuhan Majapahit ditandai dengan candrasengkala yang berbunyi "sirna ilang kretaning bumi " dibaca sebagai 0041, yaitu tahun 1400 Saka atau 1478 Masehi. Hal itu diramalkan oleh Raja Kediri 1135-1159 Masehi Prabu Jayabaya.

Dia terkenal dengan kesaktiannya hingga bisa meramal masa depan, yang hingga saat ini diyakini sebagian besar telah terbukti dan terjadi. Ramalan Prabu Jayabaya disebut sebagai Jangka Jayabaya yang melegenda.



Beberapa ramalannya tentang masa depan hingga kini diyakini terbukti. Saat naik takhta, Prabu Jayabaya bergelar Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.

Saat di bawah kekuasaan Prabu Jayabaya, Kerajaan Kediri disegani dan berada pada puncak kejayaan.

Oleh masyarakat Jawa tradisional, Jayabaya dianggap memiliki ketajaman intuitif yang kuat atau dikenal dengan sebutan kawaskitan. Salah satu hal yang tercatat dalam ramalan Jayabaya adalah kiamat.

Berdasarkan catatan sejarah, Jayabaya dianggap mempunyai aji penerawangan ke depan terhadap sesuatu yang dikenal dengan kesaktian futurologi di mana secara ilmu batin, dia dapat menerawang kejadian di masa yang akan datang.

Kepiawaian Jayabaya yang dikenal sebagai sang Ratu Adil ini dalam hal kawaskitan dan futurologi ini tidak lepas dari seorang pendeta bernama Maulana Ali Samsuyen dari Rum atau Turki Jika melihat pandangan hari kiamat beberapa kitab suci.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)