Polda Papua: 2 Anggota KBB yang Ditangkap di Yahukimo Berusia 15 Tahun

Jum'at, 23 Februari 2024 - 11:40 WIB
loading...
Polda Papua: 2 Anggota KBB yang Ditangkap di Yahukimo Berusia 15 Tahun
Satgas TNI menembak mati satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata dan dua anggotanya yang masih berusia 15 tahun. Foto/Polda Papua
A A A
YAHUKIMO - Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditangkap di Kali Braza II Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo masih berusia 15 tahun. Keduanya sebelumnya hendak kabur saat terjadi kontak tembak pada Kamis (22/2).

Aparat gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan satu orang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dalam keadaan meninggal dunia dan menangkap dua orang KKB.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat (23/2/2024).



Saat itu personel TNI Satgas Yon 7 Marinir melakukan pemantauan udara menggunakan drone terlihat pergerakan dari KKB dan terpantau membawa 1 pucuk senjata api laras panjang. Pada pukul 12.05 WIT terjadi kontak antara TNI dan KKB selama satu jam.

Kemudian Tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz di bawah Pimpinan Padal III Satgas Gakkum Damai Cartenz AKP Budi Basrah dan Kasat Reskrim Polres Yahukimo Iptu Dr Tantu Usman menuju TKP guna sterilisasi dan evakuasi.

Dalam kontak tembak tersebut, aparat keamanan bisa melumpuhkan satu orang KKB dalam keadaan meninggal dunia. Adapun identitas dua orang KKB yang ditangkap yakni berinisial MH (15) dan BG (15).



“Tim Gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz bergerak dari TKP Kali Braza menuju Polres Yahukimo membawa dua orang yang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan membawa 1 Orang MD ke RSUD Dekai,” katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan antara lain 2 (dua) buah magazen SS1, 74 (tujuh puluh empat) butir amunisi dengan Cal. 5.56 mm, 1 (satu) buah noken bermotif Bintang Kejora, uang pecahan Rp50.000.



Sejumlah Rp2.950.000, uang pecahan Rp100.000, 1 (satu) unit Handphone merek OPPO berwarna hitam dan 1 (satu) unit handphone merek OPPO berwarna hitam. “Saat ini 2 (dua) orang yang diamankan saat kontak tembak tersebut saat ini dalam pemeriksaan,” ujarnya.

Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto mengatakan saat ini aparat gabungan TNI-Polri menggencarkan patrol disekitaran Kota Yahukimo. “Aparat gabungan tengah menggencarkan patroli di Kota Yahukimo guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)