Analisis Gempa M5,2 di Laut Jawa Sumenep, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Kamis, 22 Februari 2024 - 07:50 WIB
loading...
Analisis Gempa M5,2 di Laut Jawa Sumenep, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
Gempa dengan kekuatan M5,2 mengguncang Laut Jawa tepatnya di Pantai Utara Kota Sumenep, Jawa Timur. Foto/BMKG
A A A
SUMENEP - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan kekuatan M5,2 mengguncang Laut Jawa tepatnya di Pantai Utara Kota Sumenep, Jawa Timur, Kamis 22 Februari 2024 pukul 05.46.54 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa terletak pada koordinat 6,54° LS ; 113,95° BT, atau tepatnya di laut pada jarak 43 Km arah Timur Laut Kota Sumenep, Jawa Timur pada kedalaman 634 km.

“Lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, jenis gempa dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas slab pull (tarikan Lempeng Australia ke bawah) pengaruh gaya gravitasi,” kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, Kamis (22/2/2024).



Sementara, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap).

Gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sumenep dengan skala intensitas III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).



Daryono memastikan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

Hingga pukul 06.02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)