Dulu Dicemooh, Laki Lampung Ini Raih 2 Silver-1 Gold Play Button YouTube

loading...
Dulu Dicemooh, Laki Lampung Ini Raih 2 Silver-1 Gold Play Button YouTube
Milenial Lampung Rizal Mukhafidin berhasil meraih 2 Silver dan 1 Gold Play Button dari YouTube. Foto/Ist
A+ A-
LAMPUNG - Rizal Mukhafidin, pria kelahiran Lampung, 31 Agustus 1993 ini, lebih dikenal dengan sebutan Rizalmuk. Dia adalah founder Komunitas YouTube Lampung.

Diakuinya, dirinya mulai berkiprah di dunia digital sejak tahun 2014. Ketika itu dia terlibat sebagai Creative Design Lampung Directory, sebuah website informasi seputar Kota Bandar Lampung. (Baca juga: Gadis Desa Purwodadi Jadi Artis TikTok 7,8 Juta Followers)

Pada tahun itulah dirinya mulai belajar dalam tentang dunia sosial media. Dia mulai memahami ternyata ada banyak peluang yang bisa dilakukan di bidang digital. "Ternyata internet (Sosial Media) itu memang punya banyak peluang. Bukan cuma tempat untuk haha hihi doang," ucap dia. (Baca juga: Jika Tak Dibeli AS, TikTok Bisa Musnahkan YouTube dan Facebook?)

Rizalmuk menjelaskan, dari sosmed ada banyak potensi yang bisa digali. Terlebih kala itu tidak banyak orang yang mengetahui jika dari internet bisa menghasilkan uang. "Dulu tidak banyak yang tahu kalau internet bisa menghasilkan. Tidak ada istilah Selebgram dan YouTuber seperti sekarang," ungkap dia.

Bahkan, kata Rizalmuk, termasuk orang terdekat dan teman di kampus pun, banyak yang meragukannya. "Saat saya ajak mengenal dunia digital waktu itu, mereka meremehkan. Bilang ngacolah, gilalah," kata dia.

Namun dia tak berhenti karena hal tersebut. Dia malah semakin aktif di dunia internet, yang terbukti semakin menambah relasi baru baginya. Salah satunya komunitas entrepreneur, sehingga dia memahami pentingnya personal branding untuk membuka akses dan peluang yang lebih luas.

"Bukan hanya sekadar narsis. Dikenal banyak orang itu akan memudahkan segala urusan kita. Mereka jadi lebih percaya aja," kata pemilik akun Instagram @rizalmuk ini.

Nah, dari sanalah Rizalmuk mulai semakin fokus, konsisten dan mengenyampingkan omongan orang lain. Dirinya mulai membuat konten untuk beberapa platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube miliknya RIZALMUK GAME.

Kerja kerasnya pun berbuah hasil. Sebab, saat ini akun YouTube-nya yang berisi konten gaming sudah di-subscribe oleh 1,4 juta subscribers. "Buat saya sekarang, penghasilan dari internet ini terbukti sudah lebih dari cukup," kata dia.

Sebagai konten kreator, Rizalmuk telah sukses meraih tiga penghargaan bergengsi, yakni 2 Silver Play Button atas pencapaian 100.000 subscriber dari dua channel dan 1 Gold Play Button atas pencapaian 1 juta subscriber.

Dia pun terjun ke dunia digital tidak melulu soal uang. Yang juga penting adalah membangun self branding, dikenal banyak orang dan relasi baru, itulah tujuannya. Dengan begitu dia berharap akan memudahkan dirinya untuk menapaki jejak karier atau bisnis ke depan.

Selain sukses sebagai konten kreator, Rizalmuk juga ternyata pernah meraih sejumlah penghargaan, antara lain juara dua pendamping director film pendek Kemendikbud RI, Komba Kreasi Audiovisual Sejarah 2016 (LKAS 2016), juara 3 Vlog Competition Kemenkeu RI, penata musik terbaik festival teater Lampung, dan director film dokumenter sejarah “Sekura Cakak Buah” Penyebaran Islam di Lampung.

Rizalmuk juga menekuni bidang diskografi dengan single Siksa Batin, Tunjukan Pada Dunia - L.O Band (As Drummer), dan Just Kill Me - Never Four (As Vocalist).
(nth)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top