Bawaslu DIY Usulkan 17 TPS Laksanakan PSU, Terbanyak di Sleman

Senin, 19 Februari 2024 - 21:01 WIB
loading...
Bawaslu DIY Usulkan 17 TPS Laksanakan PSU, Terbanyak di Sleman
Bawaslu DIY mengusulkan setidaknya 17 TPS untuk dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU. Foto/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Ketua Bawaslu DIY Muhammad Najib mengungkapkan, pihaknya mengusulkan setidaknya 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk dilakukan pemungutan suara ulang atau PSU. Alasan dilakukan PSU karena ditemukan sejumlah pelanggaran.

Najib mengungkapkan, jumlah TPS yang perlu dilakukan PSU memang terus bertambah. Sebelumnya hanya 16 TPS, meliputi 10 di Kabupaten Sleman, 4 di Kabupaten Bantul, dan 2 di Kota Yogyakarta .

“Sleman tambah 1, Bantul tambah 1, namun Kota Yogyakarta kurang 1," ujarnya, Senin (19/2/2024).

Najib menambahkan untuk Sleman berubah menjadi 11 TPS, sementara Bantul 5 TPS dan Kota Yogyakarta yang awalnya 2 TPS ternyata setelah ditelusuri dua TPS itu sama lokasinya yaitu di Lembaga Pemasyarakatan (LP), jadi jumlahnya berkurang menjadi 1 TPS.



Najib menambahkan pihaknya memang telah memberikan saran perbaikan kepada PPS atau PPK. Lalu Bawaslu memberi waktu sehari untuk PPS atau PPK membuat keputusan melalui KPU apakah mereka bakal menindaklanjuti atau tidak terkait saran perbaikan itu.

Jika dalam satu hari ini tidak ada putusan berkaitan dengan keberlanjutan saran perbaikan, maka Bawaslu akan menanganinya dengan lanjutan penanganan pelanggaran. Pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU.

"Tapi tadi malam kami sudah koordinasi dengan KPU DIY, saya menganggap prinsipnya KPU DIY ini kooperatif dengan saran perbaikan kami. Kemungkinan semuanya akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan PSU," tambah Najib.

Najib mengungkapkan sebagian besar pelanggaran karena KPPS kurang memahami aturan DPT tidak masuk dalam DPTb dan juga tidak ada DPKnya. Seperti di LP dia menyebut pelanggarannya macam macam, ada satu pemilih dapat 6 surat suara dan telanjur dimasukkan ke kotak suara.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)