Bupati Kobar Resmikan Sekolah Lapang Peternakan Rakyat

Kamis, 19 Juli 2018 - 14:57 WIB
Bupati Kobar Resmikan Sekolah Lapang Peternakan Rakyat
Bupati Kobar Resmikan Sekolah Lapang Peternakan Rakyat
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah membuka Sekolah Lapang Peternakan Rakyat (SLPR) di Desa Pangkalan Tiga, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Kamis (19/7/2018). Kegiatan ini difasilitasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Kobar yang menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB).

Menurut Bupati, dengan adanya SLPR ini, bisa dijadikan acuan dan pembelajaran bagi 480 peternak di Kecamatan Pangkalan Lada. “Ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Kobar yg tengah menjalankan integrasi sawit-sapi,” kata Bupati.

Bupati berharap, para peternak di Kobar bisa mengambil ilmu dari program kerja sama Pemkab Kobar dengan IPB selama satu tahun ke depan. “Di sekolah ini nantinya para peternak akan diberikan ilmu tentang pembibitan dan pembiakan bagi sapi betina serta penggemukan bagi sapi jantan,” ujarnya.

Selain meresmikan SLPR, Bupati juga meresmikan Rembug Peternak dan Deklarasi serta Pengukuhan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) “Berkat Bersama” KUD Agrowisata Tani Subur. Hadir juga Profesor Muladno, guru besar pemuliaan dan genetik ternak.

Sementara itu, Profesor Muladno, guru besar pemuliaan dan genetik ternak IPB mengatakan, saat pertama kali mengunjungi “Berkat Bersama” KUD Agrowisata Tani Subur di Desa Pangkalan Tiga, sumber daya manusai dan alamnya sangat bagus. “Tinggal menguatkan dan mengelola peluang yang ada, kami dari akademisi hanya mendorong dan membantu teorinya dan kita praktikkan di sini,” katanya.

Dia menjelaskan melanjutkan, program pemuliaan harus segera ditingkatkan di KUD Tani Subur. Yakni dengan cara menyeleksi ternak ternak, supaya menjadi unggulan.

“Dengan begitu, misal sapi yang beratnya 300kg bagaimana caranya bisa menjadi 350kg. Jadi bisa bersaing dengan luar dan menjadi sapi yang kita bilang lebih unggul, atau sapi pilihan,” pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)