3 Caleg Bangka Belitung Ini Berpotensi Lolos ke Senayan Versi Hitung Cepat Trias Politika Strategis

Jum'at, 16 Februari 2024 - 21:51 WIB
loading...
3 Caleg Bangka Belitung Ini Berpotensi Lolos ke Senayan Versi Hitung Cepat Trias Politika Strategis
Tiga Caleg DPR RI dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi lolos versi quick count Trias Politika Strategis. Foto/Ist
A A A
PANGKAL PINANG - Tiga calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berpotensi lolos ke Senayan versi hitung cepat atau quick count Trias Politika Strategis.

“Berdasarkan data hitung cepat Pileg DPR RI 2024 Dapil Kepulauan Bangka Belitung yang kami lakukan, terdapat tiga caleg yang berhasil lolos ke Senayan. Adapun tiga caleg yang lolos yakni Melati dari Partai Gerindra, Rudianto Tjen dari PDI Perjuangan, dan Bambang Patijaya dari Partai Golkar” tutur Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro, Jumat (16/2/2024).



Agung menjelaskan para caleg yang lolos ke Senayan didasarkan pada data quick count, tiga partai dengan raihan persentase tertinggi. Persentase raihan suara partai didasarkan pada akumlasi persentase suara partai dan calegnya.

“Berdasarkan data quick count pileg DPR RI yang masuk hingga 92,0% menunjukan terdapat tiga partai yang lolos ke senayan yakni Gerindra 22,36%, PDIP 22,01% dan Golkar 15,03%. Persentase itu didasarkan akumulasi suara partai dan caleg partai,” jelasnya.

Agung pun menambahkan persentase partai yang lolos ke Senayan pada dasarnya sudah mulai terlihat dan terpola sejak persentase data masuk 70-an persen. Sehingga dirinya yakin bahwa tidak akan ada perubahan signifikan hingga data masuk 100,0%.



“Berdasarkan pengalaman kami dalam berbagai quick count baik pileg, pilpres maupun kontestasi pilkada, polanya kurang lebih hampir sama dan tak akan berubah jika sudah 70-an persen data masuk. Apalagi sekarang data masuk sudah 90-an persen. Bahkan saya mengamati datanya sangat stabil serta selisih persentase antara caleg jauh bahkan sangat jauh” jelas Agung.

Agung menjelaskan, quick count ini menggunakan sampel 500 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar secara proporsional pada tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun metode samplingnya yakni stratified cluster systematic random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95,0% dan margin of eror +/- 1%.

“Kami menggunakan sampel 500 TPS yang tersebar secara proporsional pada tujuh kabupaten kota di dapil Provinsi Bangka Belitung. Adapun penentuan samplingnya yakni Stratified Cluster Systematic Random Sampling atau stratifikasi kluster acak sistematik,” ujar Agung.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)