alexametrics

KPU Jatim Tetapkan Khofifah-Emil Pemenang Pilgub

loading...
KPU Jatim Tetapkan Khofifah-Emil Pemenang Pilgub
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebagai pemenang Pilgub Jatim 2018. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A+ A-
SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur secara resmi menetapkan pasangan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak sebagai pemenang Pilgub Jatim 2018.

Penetapan itu dilakukan setelah rekapitulasi suara di 38 kabupaten/kota di Jatim selesai dilakukan di Grand City Surabaya, Sabtu (7/7/2018) sore.



Pasangan Khofifah-Emil memperoleh 10.465.218 suara atau 53,35 persen. Sementara, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur meraih 9.076.014 suara atau 46,45 persen. Dengan hasil itu, selisih suara kedua pasangan calon mencapai 7 persen.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menuturkan, secara resmi hasil penghitungan suara di 38 kabupaten/kota sudah disahkan. Hasil penghitungan pun sudah terlihat siapa yang menjadi pemenangan dalam perhelatan politik di Jatim.

"Hasil rekapitulasi ini dinyatakan sah. Semua tahapan pun sudah dilakukan secara menyeluruh," kata Eko.

Hasil ini bisa diterima oleh sebagian besar saksi yang hadir. Salah satu saksi dari pasangan Khofifah-Emil, Renville Antonio menuturkan, pihaknya merasa lega dengan selesainya penghitungan manual yang dilakukan KPU. Hasil yang ada memang tak jauh beda dengan hitung cepat sebelumnya.

"Secara angka tak jauh beda dengan hasil hitung cepat," jelasnya.

Bahkan, katanya, hasil ini juga sama seperti penghitungan yang dilakukan tim internal pemenangan. Semua saksi Khofifah-Emil pun menandatangani berita acara rekapitulasi yang dilakukan KPU Jatim.

"Kami tidak ada keberatan karena datanya. Semua sudah sesuai dengan data yang kami miliki di tingkat internal," ucap Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil itu.

Di pihak lain, saksi dari pasangan Gus Ipul-Puti Guntur yakni Martin Hamonangan sempat menyampaikan mosi keberatan atas hasil rekapitulasi. Beberapa pertimbangan disampaikan, salah satunya data yang tak sesuai.

Namun, saksi Gus Ipul-Puti Guntur lainnya yakni Musyaffak Rouf sudah memantapkan hati dengan tidak keberatan terhadap hasil rekapitulasi. Politisi kawakan asal Surabaya itu pun menandatangani berita acara hasil rekapitulasi yang memenangkan Khofifah-Emil.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak