BNPT Ajak Peserta KBP 2018 Cegah Terorisme

Minggu, 01 Juli 2018 - 14:55 WIB
BNPT Ajak Peserta KBP 2018 Cegah Terorisme
BNPT Ajak Peserta KBP 2018 Cegah Terorisme
A A A
MALANG - Upaya pencegahan aksi terorisme terus dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Salah satunya dengan meningkatkan pemahaman tentang bahaya terorisme kepada para peserta Kemah Bakti Pemuda (KBP) 2018.

Kasubdit Pengawasan Deputi Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Khairul Anwar mengajak para peserta KBP 2018, untuk dapat menanamkan dan memelihara semangat yang berdasarkan kepada empat pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penanaman empat pilar untuk generasi muda, menurutnya sangat penting untuk membentengi para generasi muda dari berbagai ajaran atau indoktrinasi yang dapat mengancam kesatuan Indonesia. Materi yang disampaikan di GOR Vira Yudha, Markas Divisi Infanteri (Divif) 2 Komando Strategis TNI AD (Kostrad) ini, diikuti 1.500 orang peserta. Mereka berasal dari pelajar, mahasiswa, TNI, Polri, dan instansi pemerintah se-Malang Raya.Khairul mengingatkan, generasi muda, pelajar dan golongan terdidik tidak aman dari infiltrasi paham-paham menyimpang. “Saya berpesan kepada para peserta, agar tidak menurunkan rasa kewaspadaan terhadap lingkungan mereka, baik lingkungan sosial maupun di dunia maya,” tegasnya.

Selain menerima ceramah dari BNPT, peserta KBP 2018 juga menerima pembekalan hukum dari Dir Intel Polda Jatim, Kombes Pol Teddy Setiadi; Komisioner KPAI, Titi Haryati; dan Kolonel Edi Endrayana dari Kemenhan RI.

Peserta juga menerima pembekalan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dari Kabid Pencegahan BNN Provinsi Jatim, Ria Damayanti. “Kami bukan menangkap pengguna narkoba, tetapi untuk menyembuhkan generasi muda yang terjerumus ke dalam lembah hitam narkoba melalui rehabilitasi,” ujar Ria Damayanti.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9999 seconds (0.1#10.140)