Kisah Pengkhianatan Ki Jonggo, Pejabat Istana Penyebab Kerajaan Pajajaran Kalah dari Banten

Jum'at, 09 Februari 2024 - 07:41 WIB
loading...
Kisah Pengkhianatan Ki Jonggo, Pejabat Istana Penyebab Kerajaan Pajajaran Kalah dari Banten
Kerajaan Pajajaran memiliki benteng pertahanan kuat susah ditembus oleh musuh. Foto/Ilustrasi
A A A
Kerajaan Pajajaran konon masih kokoh kendati sudah mendapat serangan berkali-kali dari Kesultanan Banten. Hal ini membuat Kerajaan Pajajaran memiliki benteng pertahanan kuat susah ditembus oleh musuh, dan perlu waktu lama ditembus.

Prabu Nilakendra saat itu konon memerintah ketika Kerajaan Banten menyerang Kerajaan Pajajaran. Memang saat itu Banten yang merupakan daerah kekuasaan di bawah Kerajaan Pajajaran dipimpin oleh Maulana Yusuf.

Konon serangan dari Banten ini membuat Raja Nilakendra mengungsi dari istana kerajaan.



Kisah penyerangan pasukan Banten ini tercantum pada buku "Hitam Putih Pajajaran: Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" tulisan Fery Taufiq El Jaquenne.

Saat itu Nilakendra bersama rombongan dan pengiringnya melarikan diri dari istana menuju sebuah daerah di Sukabumi selatan.Sementara di Ibu Kota Kerajaan Pajajaran, Pakuan pasukan Banten mencoba memasuki kokohnya benteng pertahanan.

Serat Banten menyebutkan adanya pemberangkatan pasukan Banten ketika menyerang Pakuan, ibu kota Pajajaran.

Pupuh Kinanti bahkan menuliskan, bahwa serangan itu terjadi pada bulan Muharram, tepat pada awal bulan Ahad tahun Alif inilah tahun sakanya satu lima kosong satu.



Setibanya di Pakuan, Kesultanan Banten mampu menguasai Pajajaran dengan waktu singkat. Tetapi sebenarnya Banten, kesulitan betul menembus benteng pertahanan kendati hampir seluruh petinggi Kerajaan Pajajaran sudah mengungsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)