PT AP I Bantah Ada Pengosongan Rumah di Lahan Bandara Kulonprogo

Jum'at, 29 Juni 2018 - 08:00 WIB
PT AP I Bantah Ada Pengosongan Rumah di Lahan Bandara Kulonprogo
PT AP I Bantah Ada Pengosongan Rumah di Lahan Bandara Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - PT Angkasa Pura (AP) I membantah pembersihan lahan atau land clearing yang dilakukan di lahan proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah pengosongan rumah. Project Manager NYIA, R Sujiastono menyebut kegiatan pada Kamis (28/06/2018) hanya pembersihan tanaman yang sempat tertunda lantaran masuk Ramadan dan Lebaran.

"Saya memantau PT Pembangunan Perumahan melanjutkan pelaksanaan pekerjaan lapangan. Ini tidak ada pengosongan," katanya, Juamta (29/6/2018).

Meski demikian Sujiastono tidak mau menyebut detail jumlah tanaman yang diratakan dengan tanah dan luasan lahan yang dibersihkan. Namun Sujiastono memastikan bahwa proses pembersihan lahan ini sudah sesuai denga prosedur yang ada. Pihaknya juga sudah melakukan pemberitahuan terhadap warga beberapa kali. "Ini (proyek bandara) sudah on the track," ujarnya.

Dalam pembersihan lahan proyek NYIA di Kulonprogo, PT AP I mengerahkan sedikitnya 12 alat berat. Alat berat digunakan untuk membersihkan tanaman milik warga yang menolak proyek bandara yang berada di kawasan Izin Penetapan Lokasi (IPL). Warga berusaha menghalang-halangi alat berat tersebut tapi karena jumlah petugas keamanan lebih banyak, akhirnya mereka hanya bisa memandang alat berat meratakan peopohonan di lahan tersebut sambil menangis.(Baca Juga: Pembersihan Area Bandara Kulonprogo Dikawal Aparat, Warga Pasrah(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8236 seconds (0.1#10.140)