Ngopi Bareng Suku Osing Banyuwangi, Ganjar Komitmen Lindungi Budaya Masyarakat Adat

Kamis, 08 Februari 2024 - 13:32 WIB
loading...
Ngopi Bareng Suku Osing Banyuwangi, Ganjar Komitmen Lindungi Budaya Masyarakat Adat
Capres 2024 Ganjar Pranowo melanjutkan safari politiknya di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Foto/MPI
A A A
BANYUWANGI - Ganjar Pranowo melanjutkan safari politiknya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Capres yang diusung Partai Perindo ini tiba di tanah Blambangan itu ngopi bareng suku Osing (Laros-Lare Osing) di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah.

Osing merupakan suku yang berasal dari ujung Pulau Jawa, tepatnya Kabupaten Banyuwangi. Sampai kini masih ada di beberapa daerah Banyuwangi salah satunya adalah Desa Kemiren.

Keberadaan suku Osing di Banyuwangi tak bisa lepas dari Kerajaan Blambangan dan peristiwa puputan bayu. Suku Osing mempunyai bahasa sendiri yang merupakan turunan dari bahasa Jawa kuno dengan sedikit pengaruh dari bahasa Bali.



Nah, masyarakat Osing kemudian menjadikan Kemiran sebagai Desa Wisata Osing. Salah satunya dengan membangun komplek perkampungan dengan bangunan-bangunan adat, beserta adat, tradisi hingga keseniannya.

Ngopi Bareng Suku Osing Banyuwangi, Ganjar Komitmen Lindungi Budaya Masyarakat Adat


Ganjar memilih jalan kaki sekira 500 meter dari jalan raya untuk menuju kompleks masyarakat Osing. Melintasi rumah-rumah penduduk sembari menyapa dan melayani jabat tangan dari warga setempat yang sangat antusias menyambut Ganjar.

Sesampainya di lokasi, Ganjar disematkan selendang dan penutup kepala khas Osing. Suami Atikoh Supariyanti ini disuguhi pembacaan lontar tentang kisah Nabi Yusuf, serta musik lesung yang dimainkan oleh ibu-ibu.



Lalu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu ngobrol bareng Suheimik, sesepuh Suku Osing dan lainnya, dengan suguhan kopi dan makanan tradisional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0012 seconds (0.1#10.140)