Misteri Asal Usul Ken Arok yang Membangkitkan Teka-teki, dari Bayi Terbuang hingga Raja Singasari

Selasa, 06 Februari 2024 - 06:03 WIB
loading...
Misteri Asal Usul Ken Arok yang Membangkitkan Teka-teki, dari Bayi Terbuang hingga Raja Singasari
Ken Arok merupakan Raja Pertama Kerajaan Singasari. Sebelumnya ia berkuasa di Tumapel, usai melumpuhkan Tunggul Ametung. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Kerajaan Singasari merupakan satu kerajaan besar di Jawa yang didirikan Ken Arok, yang sekaligus menjadi raja pertamanya. Sosok Ken Arok begitu disegani karena keberanian dan ketegasannya dalam menjadi pemimpin, serta berhasil membebaskan wilayah Tumapel, nama awal sebelum berubah jadi Singasari, dari Kerajaan Kediri di bawah rajanya Kertajaya.

Namun sosoknya memang masih menuai teka-teki. Pasalnya dari beberapa catatan sejarah belum ada data pasti dari mana asal usul yang sebenarnya dari Ken Arok. Hingga kini belum ada yang mengetahui secara pasti mengenai siapa sesungguhnya Ken Arok dan bagaimana sejarahnya.

Diperkirakan ia lahir pada 1182 dan meninggal pada 1247. Asal usul Ken Arok sebenarnya pernah dituliskan oleh guru pertamanya Mahaguru Tantripala. Sebagaimana dikisahkan pada buku "Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan", karya Muhammad Syamsuddin, saat itu Arok masih 'nyantri' ke Mahaguru Tantripala dan menyerahkan sebuah gulungan lontar kepada Arok.

Konon Ken Arok berasal dari seorang Gajah Para yang tinggal di Desa Campara, Blitar dengan seorang perempuan bernama Ken Ndok dari Desa Jiwut, Nglegok, Blitar. Namun ketika masih dalam kandungan, ayah Ken Arok ternyata telah meninggal dunia. Hingga ketika lahir, Ken Arok dibuang ke kuburan dan ditemukan oleh seorang pencuri bernama Lembong.



Namun tidak ada yang memastikan apakah asal usul itu memang benar atau tidak. Mengingat ada beberapa sumber yang menyebut bahwa orang tua Ken Arok Ken Ndok bersetubuh dengan seorang brahmana. Diyakini bahwa Ken Arok terlahir dari hasil hubungan tersebut.

Bahkan ada sumber yang mengisahkan, bahwa Ken Ndok yang berkonflik dengan sang suami Gajah Para dan akhirnya meninggalkan keduanya. Sumber lain, ada yang menceritakan bahwa Ken Ndok hamil, karena mengalami tindakan pemerkosaan yang dilakukan oleh Tunggul Ametung, yang dilambangkan sebagai dewa Brahma, karena menjadi seorang penguasa di wilayah Tumapel.

Akibat tindakan tersebut, Ken Ndok disinyalir malu setelah melahirkan anak tanpa suami. Hal itu membuat Ken Ndok membuang anaknya di kuburan hingga ditemukan oleh seorang pencuri bernama Lembong.

Sejak kecil itulah Ken Arok akhirnya diasuh oleh Lembong, maka ia tumbuh menjadi seorang brandal yang gemar berjudi dan merampok. Saat memasuki dewasa, Ken Arok menjadi remaja berandalan yang pekerjaan utamanya adalah mencuri, merampok, dan bermain judi. Hal ini justru menjadi beban keluarga Lembong yang berakibat pengusiran kepada Ken Arok dari kediamannya.

Beragam cerita asal usul Ken Arok muncul. Namun dari beragam versi ini, perbedaannya hanya pada asal usul ayahnya. Sedangkan hampir semua kisah Ken Arok ibu Arok adalah Ken Ndok.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)
pixels