Universitas Negeri Malang: Ada Etika yang Ditabrak Jelang Pemilu 2024

Senin, 05 Februari 2024 - 15:41 WIB
loading...
Universitas Negeri Malang: Ada Etika yang Ditabrak Jelang Pemilu 2024
Akademisi Universitas Negeri Malang (UM) menyatakan sikap terhadap Presiden Jokowi dan meminta agar Pemilu 2024 berjalan demokrasi dan beradap. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Akademisi Universitas Negeri Malang (UM) menyatakan sikap terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan meminta agar Pemilu 2024 berjalan demokrasi dan beradap.

Seruan sikap ini dibacakan oleh perwakilan guru besar UM, yang diikuti oleh jajaran dosen, akademisi, dan mahasiswa di Graha Rektorat UM, Malang, Jawa Timur, Senin (5/2/2024).



Pada pernyataan sikapnya guru besar dan civitas akademi UM mengutip seruan Mohammad Hatta atau Bung Hatta, tokoh proklamator sekaligus Wakil Presiden Republik Indonesia pertama pasca kemerdekaan.



Prof Hari Wahyono, Guru Besar Fakultas Ekonomi (FE) UM, mengingatkan kepada masyarakat elemen bangsa semua, manusia Indonesia, tentang pengakuan kepada dasar Ketuhanan Yang Maha Esa yang disampaikan pada saat Bung Hatta menerima gelar doktor Honoris Causa dari Universitas Indonesia pada tanggal 30 Agustus 1975.

"Pengakuan kepada dasar Ketuhanan Yang Maha Esa mengajak manusia melaksanakan harmoni dalam alam, dilakukan terutama dengan jalan memupuk persahabatan, dan persaudaraan antar manusia dan bangsa," kata Prof Hari Wahyono, saat membacakan pernyataan di Graha Rektorat UM.

Pengakuan itu kata Hari Wahyono, mewajibkan manusia di dalam hidupnya membela kebenaran dengan menentang segala yang dusta.



Pengakuan itu mewajibkan manusia di dalam hidupnya membela keadilan, dengan menentang atau mencegah kezaliman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)