Denny JA: Usai Lebaran, Dodi Reza Alex Berpotensi Menguat

Senin, 18 Juni 2018 - 16:45 WIB
Denny JA: Usai Lebaran, Dodi Reza Alex Berpotensi Menguat
Denny JA: Usai Lebaran, Dodi Reza Alex Berpotensi Menguat
A A A
PALEMBANG - Selesai lebaran, pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda Kiemas berpeluang akan bertambah kuat dibandingkan saingan terdekatnya pasangan Herman Deru.

Survei LSI Denny JA awal Juni 2018, yang diterima SINDOnews sebelum lebaran menyingkap, pasangan Dodi memimpin sementara di angka 27.7%, diikuti pasangan Herman Deru 23.3%, pasangan Ishak Mekki 18,4% dan pasangan Aswari 8,6%. Tapi, yang belum memutuskan masih sekitar 22,1%.

Mendekati hari pencoblosan 27 Juni 2018, tinggal 9 hari lagi, suara yang belum memutuskan akan mengecil. Siapa yang paling banyak mendapat dukungan swing voters, suara yang belum memutuskan itu?

Denny JA menegaskan, Herman Deru kurang beruntung. Tuduhan skandal masa silamnya semakin diungkit dan diketahui publik. Luas diberitakan Herman Deru bahkan menolak tes DNA, yang merupakan uji ilmu pengetahuan sederhana untuk membuktikan dia memang bukan ayah dari seorang anak yang selama ini dipergunjingkan.

Publik tak mengerti mengapa Herman Deru menghindari tes DNA yang sangat sederhana untuk mengakhiri rumor itu. Bahkan motivator Mario Teguh juga melakukan tes DNA itu untuk anaknya. Setelah tes, tak ada lagi keraguan.

"Herman Deru yang menolak tes DNA, segera menjadi rumput kering, yang di era pertarungan keras, membakar dan merugikan reputasinya. Padahal dalam persaingan yang ketat, kehilangan suara sedikit saja dapat menentukan kalah dan menang," kata Denny JA.

Menurut Denny, masih ada waktu buat Herman Deru melakukan “damage control,” agar isu skandal itu bisa ia minimalisasi atau dia tangkis secara meyakinkan. Selaku peneliti, Denny tak tahu apakah tuduhan skandal itu benar atau tidak. Dia hanya merekam opini publik tentang tuduhan skandal itu, dan efeknya lumayan.

"Dodi Alex Reza lebih beruntung. Gubenur Sumsel saat itu, Alex Noerdin, dianggap berhasil oleh mayoritas pemilih. Asosiasi Dodi dengan Alex, yang merupakan Ayahnya sendiri, semakin diketahui publik. Itu akan semakin menambah dukungan kepada Dodi," tambahnya.

Untuk daerah tertentu, menjelang lebaran dan setelahnya, pasangan Dodi juga giat mengkampanyekan program unggulannya, yaitu sembako murah. Di kalangan pemilih dari grass root yang mayoritas, mereka sangat suka dengan program itu.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)