Jokowi Ungkap Pengganti Menko Polhukam Berasal dari Non-Partai

Sabtu, 03 Februari 2024 - 18:26 WIB
loading...
Jokowi Ungkap Pengganti Menko Polhukam Berasal dari Non-Partai
Presiden Jokowi mengungkapkan Menkopolhukam definitif pengganti Mahfud MD berasal dari non-partai. Hal ini disampaikan di Bale Rame, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/2/2024). Foto/MPI/Agi Ilman
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Menko Polhukam definitif pengganti Mahfud MD akan berasal dari kalangan non-partai. Hal ini disampaikan di Bale Rame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2024).

"Non (partai)," ujar Jokowi usai ditemui, Sabtu (3/2/2024).



Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa pengganti Mahfud akan diumumkan secepatnya.

Dia juga menyebut alasan pemilihannya terhadap Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam, dengan menilai pengalaman Tito dalam berbagai jabatan, seperti di BNPT, Kapolri, dan Mendagri yang memberikan keunggulan tersendiri.



"Pak Tito karena juga punya pengalaman dulu di BNPT kemudian di Kapolri dan Mendagri. Saya kira untuk memegang di Menko Polhukam gak ada masalah," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD sebagai Menko Polhukam hari ini, Jumat (2/2/2024). Selanjutnya Mendagri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam.



"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres No. 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menko Polhukam," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

Ari menjelaskan dalam Keppres tersebut juga diatur mengenai pengganti sementara Mahfud MD. Presiden langsung menunjuk Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas Menko Polhukam sementara.

"Serta penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," sebut Ari.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)