Gubernur Jatim Kembali Ingatkan ASN Tidak Berpolitik

Jum'at, 08 Juni 2018 - 21:22 WIB
Gubernur Jatim Kembali Ingatkan ASN Tidak Berpolitik
Gubernur Jatim Kembali Ingatkan ASN Tidak Berpolitik
A A A
SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk para pejabat eselon di lingkungan Pemprov Jatim agar tidak bermain politik. Apabila terbukti, akan ada sanksi disiplin berat sampai dengan pemecatan.

Hal tersebut disampaikannya saat acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Administrator (Eselon III) di Lingkungan Pemprov Jatim, yang bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/6/2018).

Menurutnya aturan ini sudah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, yang didukung Surat Edaran Menpan RB nomor 27 Tahun 2017 tentang netralitas PNS.

"Jangan sampai ada ASN dan pejabat eselon yang ikut mendukung salah satu pasangan calon atau kampanye politik. Kalau masih ada yang menentang, berarti mereka ini sudah hopeless dalam kehidupan," kata Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim ini.

Larangan berpolitik ini, lanjutnya, juga termasuk dalam urusan karier. Menurutnya, bila ASN ingin kariernya bagus, yang harus diperbaiki adalah kompetensi dan profesionalismenya, bukan dengan mendekati para politikus. "Yang boleh berpolitik hanya gubernur dan wakil gubernur, karena ini jabatan politik. Kalau ASN mau berpolitik ya silahkan pensiun dini," tegasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7623 seconds (0.1#10.140)