TNI Kerahkan 2.119 Personel Amankan Pemilu 2024 di NTT

Jum'at, 02 Februari 2024 - 08:05 WIB
loading...
TNI Kerahkan 2.119 Personel Amankan Pemilu 2024 di NTT
2.119 personel TNI disiapkan untuk menjaga keamanan Pemilu di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: MPI/Ponsius Econg
A A A
KUPANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus melakukan gelar pasukan menjelang Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang. Ada 2.119 personel disiapkan untuk menjaga keamanan Pemilu di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini disampaikan Komandan Resor Militer (Danrem) 161/Wira Sakti Brigjen TNI Fabriel Buyung Sikumbang saat menggelar pasukan pengamanan pemilu di Lapangan Korem 161/Wira Sakti Kupang, Jumat (2/2/2024).

”Secara keseluruhan untuk Korem 161/Wira Sakti menyiapkan 1.819 personel, sementara TNI AL ada dua satuan setingkat kompi (SSK) dan TNI AU satu SSK,” ungkap Brigjen TNI Fabriel.



Selain personel, pihaknya juga siap mengerahkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) untuk mendukung operasi pengamanan pemilu tersebut, baik darat maupun laut dan udara.

Pihaknya menyiapkan pasukan dan alutsista berdasarkan hasil rapat bersama dengan pelbagai kepentingan, antara lain telah dipetakan daerah terpencil mana saja yang membutuhkan personil dan alutsista TNI untuk penyaluran logistik Pemilu.

”Apel gelar pasukan bersama yang dilakukan ini juga untuk memastikan bahwa seluruh unsur TNI di wilayah NTT siap untuk menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi,” ujarnya.

Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto mengatakan, TNI AU di Lanud El Tari Kupang secara umum sudah siaga satu, baik personel maupun alutsista.



”Kami siapkan juga pesawat dan helikopter. Jika dibutuhkan berapa saja, kami akan terjunkan untuk distribusi logistik,”ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)