Ratusan Kiai dan Nyai Pengasuh Ponpes Babakan Ciwaringin di Cirebon Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud

Rabu, 31 Januari 2024 - 10:14 WIB
loading...
Ratusan Kiai dan Nyai Pengasuh Ponpes Babakan Ciwaringin di Cirebon Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berkunjung ke Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin di Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Foto/Geri/MPI
A A A
CIREBON - Sebanyak 105 kiai dan nyai pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Babakan Ciwaringin di Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sepakat memberikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD .

Kesepakatan tersebut diambil melalui istikharah dan mencermati rekam jejak serta menakar kualitas dan kapabilitas capres-cawapres yang ada saat ini.

Dewan Pengasuh Ponpes Babakan Ciwaringin, Kiai Arwani Syaerozi menyebut, keputusan ini juga semakin jelas usai pihak pesantren menerima kunjungan Mahfud MD ke pesantrennya pada Selasa (30/1/2024).

"Jadi, hari ini insyaallah ada kurang lebih 105 kiai dan ibu nyai pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon yang menyambut kedatangan Prof Mahfud MD. Dan alhamdulillah kami bersepekat, bulat, untuk mendukung dan memilih pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Pak Ganjar Pranowo dan Pak Mahfud MD," ujar Kiai Arwani.



Dia melanjutkan, salah satu alasan dukungan tersebut diberikan adalah karena pihaknya menilai Mahfud MD sebagai sosok yang mewarisi keteladanan Gus Dur.

"Pak Mahfud MD ini kan santrinya Gus Dur, KH Abdurrahman Wahid. Gus Dur ini kan tokoh kita, panutan kita di pesantren-pesantren, termasuk kami keluarga besar Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Dan saya melihat pada sosok atau figur Pak Mahfud MD itu persis meneladani apa yang diajarkan oleh Gus Dur sebagai tokoh bangsa," katanya.

Kiai Arwani berharap, dukungan yang diberikan kiai dan nyai pengasuh Ponpes Babakan Ciwaringin bisa diikuti oleh para alumni, wali santri, dan masyarakat sekitar ponpes.

Sementara itu, Mahfud MD dalam pidatonya menyebut Ponpes Babakan Ciwaringin merupakan satu salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang telah melahirkan banyak kiai besar.

"Saya bersyukur hari ini bisa bertemu hari ini dalam suasana yang sangat syahdu. Biasanya kalau ketemu ramai-ramai, teriak-teriak, tapi ketemu dalam suasana ini di sebuah pesantren yang tertua di Indonesia. Dari sini, dari Babakan Ciwaringin saya tahu telah lahir kiai-kiai besar sekaligus pejuang-pejuang besar yang membawa tradisi kepesantrenan yang sampai saat ini kokoh," ujar Mahfud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3068 seconds (0.1#10.140)