Kisah Raja Sri Jayabupati, Penguasa Sunda Terlupakan Kalah Pamor dari Prabu Siliwangi

Selasa, 30 Januari 2024 - 07:50 WIB
loading...
Kisah Raja Sri Jayabupati, Penguasa Sunda Terlupakan Kalah Pamor dari Prabu Siliwangi
Raja Sri Jayabupati, raja sunda yang terlupakan kalah terkenal dari Prabu Siliwangi. Foto/Ilustrasi
A A A
Raja Sri Jayabupati mungkin jarang diketahui orang banyak, masih kalah dengan Prabu Siliwangi yang pernah memerintah tanah pasundan. Namun, dia merupakan salah satu raja sakti dan kuat di Kerajaan Sunda.

Sosok ini teridentifikasi dari Prasasti Cibadak yang menariknya tidak berbau Sunda sama sekali.
Padahal prasasti ini ditemukan di tanah Sunda yang mengisahkan sepak terjang Sri Jayabupati, sebagai penguasa tanah Sunda.

Sosok Jayabupati memang identik dan dipastikan raja Sunda, tetapi keanehan muncul baik dari bahasa, nama raja, maupun cara menyusun prasastinya semua menunjukkan ciri-ciri budaya dari wilayah Jawa Timur.



Nama Jayabupati sangat panjang. Lengkapnya, jika disundakan adalah Sri Jayabupati Jayamanahen Wisnumurti Samarawijaya Sakalabuwanamandaleswaranindita Haro Gowardana Wikramottunggadewa.

Nama itu sekilas mirip dengan Raja Airlangga yang memerintah di Kerajaan Kahuripan dalam Prasasti Kalkuta.Hal itu dikatakan Saleh Danasasmita pada bukunya “Melacak Sejarah Pakuan Pajajaran dan Prabu Siliwangi”.

Buku itu mengisahkan Airlangga memiliki nama gelar sebagaimana terdapat pada Prasasti Kalkuta berangka tahun 1041 yakni Rakai Halu Sri Lokeswara Darmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa.

Namun dia menyimpulkan adanya hubungan antara Sri Jayabupati dengan Airlangga dinilai kurang tepat. Sebab pada tahun 1030 Airlangga masih sibuk menghadapi musuh-musuhnya di Jawa Timur.



Tahun 1028 Airlangga mulai memerangi Raja Wengker, Wijaya. Namun karena Wengker sangat kuat, Airlangga menukar siasat, yaitu menaklukkan kerajaan lain lebih dulu. Baru tahun 1032, dia menggempur Wengker lagi, tiga tahun kemudian bisa ditundukkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)