Kepala Sekolah Diberhentikan Sepihak, Ratusan Siswa SMK di Pati Demo

Senin, 22 Januari 2024 - 23:47 WIB
loading...
Kepala Sekolah Diberhentikan Sepihak, Ratusan Siswa SMK di Pati Demo
Ratusan siswa SMK Manahijul Huda di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, melakukan aksi demo menolak penggantian kepala sekolah. Foto/Lazarus Sandy
A A A
PATI - Ratusan siswa SMK Manahijul Huda di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, melakukan aksi demo menolak penggantian kepala sekolah. Aksi tersebut dilakukan akibat pemberhentian kepala sekolah yang dinilai siswa dilakukan sepihak.

Ratusan siswa SMK Manahijul Huda beramai-ramai melakukan aksi unjuk rasa di sekolah setempat, Senin (22/1/2024). Aksi demo ini buntut dari penggantian kepala sekolah , Masrukan dengan Pelaksana Tugas (Plt) H Fakhruddin Ali Ahmad .

Para siswa menilai penggantian tersebut dilakukan sepihak oleh pihak Yayasan. Aksi demo diikuti perwakilan wali murid dan komite sekolah. Mereka membawa poster yang berisi penolakan penggantian kepala sekolah.



Menurut Ketua OSIS SMK Manahijul Huda, Merni, aksi demo dilakukan secara spontanitas untuk menolak kepala sekolah baru. Mereka beralasan masa tugas kepala sekolah lama belum berakhir.

Siswa juga menilai penggantian tersebut sepihak dan ada upaya pelengseran. Mereka juga khawatir, jika kepala sekolah diganti, maka ijazah para siswa nantinya ada kendala.

Sementara itu, Pembina Yayasan Pendidikan Islam Manahijul Huda, KH Akhwan Sholeh mengatakan, pergantian kepala sekolah sudah sesuai AD/ART yang berlaku. Hal itu mengingat masa jabatan kepala sekolah sudah 3 periode.



“Setiap periode menjabat selama 4 tahun dan memang sudah waktunya ada pergantian,” katanya. Pihak yayasan juga membantah melakukan pemberhentian secara sepihak karena sudah menyiapkan proses serah terima jabatan dengan baik.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)