Ngeri! Puluhan Warga Cianjur Keracunan Nasi Kotak Syukuran

Senin, 22 Januari 2024 - 21:18 WIB
loading...
Ngeri! Puluhan Warga Cianjur Keracunan Nasi Kotak Syukuran
Puluhan warga Kampung Lembur Tengah, Desa Salamnunggal Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur keracunan usai menyantap nasi kotak. Foto: MPI/Ricky Susan
A A A
CIANJUR - Puluhan warga Kampung Lembur Tengah, Desa Salamnunggal Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur diduga mengalami keracunan usai menyantap nasi kotak yang dibagikan saat kegiatan syukuran. Warga mengalami pusing, muntah dan mual.

Sebelumnya, warga tersebut mengikuti kegiatan syukuran di salah satu rumah warga di kampung tersebut pada Sabtu (20/1/2024) malam.

Salah seorang korban keracunan, Aam Amelia (53) mengaku, dirinya menyantap makanan nasi kotak usai pulang dari acara Tasyakuran pada malam hari, namun terasa gejala pada Minggu (21/1) pagi.



”Minggu pagi saya mulai muntah dan pusing, terus saya sempat dibawa ke rumah sakit, karena telah terasa membaik, saya pulang, namun pas di rumah, kembail muntah disertai mencret,” ujar Aam, Senin (22/1/2024).

Kepala Desa Salamnunggal Asep Sopandi, mengatakan warga banyak yang mengeluhkan keracunan pada Minggu malam, bahkan totalnya mencapai 60 orang.

”Dari pagi ada yang melaporkan, beberapa warga mengalami pusing dan mual. Puncaknya pada Minggu malam. Total ada 60 orang yang mengalami keracunan,” kata dia.



Menurut dia, sebanyak 15 warga dirawat di Aula Desa. Mereka ditangani oleh dokter dan perawat dari Puskesmas. “Sebagian besar rawat jalan, ada 15 orang yang dirawat intensif di aula desa. Dan satu orang dirujuk ke rumah sakit,” ungkapnya.

Asep menuturkan 15 korban yang sempat dirawat sudah kembali pulang pada Senin (22/1) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Sedangkan pasien yang dirujuk saat ini masih dirawat di rumah sakit. ”Yang dirujuk itu punya riwayat penyakit. Harus ditangani lebih lanjut di rumah sakit,” tuturnya.



Dia mengungkapkan keracunan massal tersebut diduga disebabkan nasi kotak berisi nasi, daging rendang, sayur, Ketang, dan mie bihun yang dibagikan saat acara syukuran.

”Diduga karena makanan di nasi kotak. Tapi belum diketahui dari makanan yang mana yang menyebabkan keracunan. Sampel makanan sudah dibawa oleh Dinas Kesehatan, katanya mau diuji laboratorium untuk memastikan penyebabnya,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)