Pemilu Damai, Polda Riau dan Parpol Gelar Deklarasi Keselamatan Berkendara

Minggu, 21 Januari 2024 - 17:49 WIB
loading...
Pemilu Damai, Polda Riau dan Parpol Gelar Deklarasi Keselamatan Berkendara
Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal membubuhkan tanda tangan saat deklarasi bersama tertib lalu lintas berkeselamatan di depan Kantor KPU Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Minggu (21/1/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau menggelar deklarasi bersama tertib lalu lintas berkeselamatan guna mewujudkan pemilu damai . Kegiatan ini digelar di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Minggu (21/1/2024).

Deklarasi ini dipimpin langsung Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal . Acara dihadiri sejumlah pejabat seperti Komisioner KPU Riau dan Bawaslu Riau, Ketua DPRD Riau Yulisman, Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca, Danlanud Roemin Nurjadin, Marsma TNI Feri Yunaldi serta perwakilan dan simpatisan 18 partai politik peserta Pemilu.

Dalam sambutannya, Iqbal mengatakan, hari ini merupakan hari pertama kampanye di ruang terbuka. Oleh karena itu pihaknya sengaja mengajak semua Forkopimda serta perwakilan dari Partai Politik, simpatisan, relawan untuk komitmen. "Seluruhnya mendeklarasikan kampanye tertib berlalu lintas dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai 2024," katanya.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini berharap, Polda Riau dan jajaran termasuk pihak terkait agar dapat jemput bola untuk mendidik dan mengedukasi massa dapat berkampanye dengan tertib dan damai. "Semoga yang kita inisiasi bersama ini dapat mewujudkan pemilu damai berkeselamatan, Tidak ada konflik, tidak ada kecelakaan," ujar Jenderal bintang dua ini.

Iqbal menambahkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal yang paling utama, meski berbeda pilihan dan beda partai politik. "Dari awal kami sudah melakukan rapat koordinasi, seminar di berbagai tempat di beberapa kabupaten/kota di Riau, FGD secara tatap muka, secara personal maupun secara organisasi di berbagai sektor mewujudkan Pemilu Damai," tambahnya.

Kapolda menekankan, gerakan Pemilu Damai ini tidak bisa maksimal tanpa kerja sama seluruh pihak dan elemen masyarakat. "Kami ingin semua elemen masyarakat ikut membantu mengamankan pesta demokrasi 2024 hingga proses selesai dapat tercipta suasana yang aman dan nyaman," harapnya.

Tidak hanya itu, Polda Riau dan jajaran juga telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Sistem Pengamanan Kota (Sispamko), melaksanakan Subuh Berjamaah, dan Doa bersama di Halaman Mapolda Riau seperti Salat Id. "Kita masih jauh dari kata sempurna, tapi dengan upaya yang diamanahkan dalam undang-undang, kita akan bekerja maksimal demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Deklarasi tertib berlalu lintas ini adalah komitmen semua unsur, baik dari Parpol yang ikut berkompetisi pada Pesta demokrasi serta KPU, Bawaslu, TNI semua dapat bekerja sama mewujudkan Pemilu Damai 2024. "Kami akan tampil maksimal dengan TNI. Kamj akan menjaga, mengawal serta meminimalisir segala bentuk tindakan yang akan merusak Pesta Demokrasi," lanjutnya.

Deklarasi yang digagas Polda Riau merupakan yang pertama di Indonesia. Deklarasi ini bertujuan menjaga Kamtibmas dan meminta komitmen peserta Pemilu untuk selalu tertib dan patuh dalam berkendara.

Isi komitmen parpol dalam berkampanye Tertib Berlalu Lintas yakni ada enam poin:
1. Mewujudkan pemilu damai yang berkeselamatan tahun 2024 dengan selalu mematuhi dan mentaati peraturan berlalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1026 seconds (0.1#10.140)