Diguyur Hujan 2 Hari, 4 Rumah di Pandeglang Tertimbun Longsor

Sabtu, 20 Januari 2024 - 06:58 WIB
loading...
Diguyur Hujan 2 Hari, 4 Rumah di Pandeglang Tertimbun Longsor
Setelah diguyur hujan selama 2 hari, sebanyak 4 rumah di Pandeglang, Banten, mengalami kerusakan akibat longsor. Foto/Iskandar Nasution
A A A
PANDEGLANG - Setelah diguyur hujan selama 2 hari, sebanyak 4 rumah di Pandeglang , Banten, mengalami kerusakan akibat longsor. Dua rumah di antaranya mengalami rusak parah akibat tertimbun longsor, sehingga pemilik rumah mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Tanah longsor berasal pergeseran tanah dari atas bukit setelah diguyur hujan selama dua hari. Tanah longsor terjadi di kampung Paniis Lebak, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang.

Saat kejadian warga yang tinggal sedang berada di dalam rumah. Mereka mendengar suara gemuruh dan merasakan tanah bergerak sehingga langsung menyelamatkan diri.



Encem, seorang warga yang terdampak longsor mengatakan, kejadian longsor terjadi Jumat (19/1/2024) sore akibat curah hujan yang tinggi disertai pergerakan tanah. Saat kejadian dia berada di dalam rumah dan langsung berlari keluar setelah mendengar rumahnya yang hampir ambruk.

Sementara itu, penjabat (Pj) Kepala Desa Jiput, Efi Irawan mengatakan, sebanyak 4 rumah terdampak longsor, dua di antaranya mengalami rusak berat. Dia menyebutkan tidak ada korban jiwa, namun untuk saat ini warga yang terdampak mengungsi di rumah kerabatnya.

Hujan yang masih turun membuat warga sekitar semakin cemas dan khawatir longsor susulan kembali terjadi. Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang sudah melakukan peninjau lokasi dan direncanakan melakukan evakuasi pagi hari.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)