Gunung Lewotobi Erupsi Muntahkan Awan Panas, Warga Flores Waspada!

Kamis, 18 Januari 2024 - 08:20 WIB
loading...
Gunung Lewotobi Erupsi Muntahkan Awan Panas, Warga Flores Waspada!
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pagi ini. Foto: iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pagi ini, Kamis (18/1/2024). Kali ini, erupsi dengan ketinggian 1.500 meter di atas puncak yang disertai guguran awan panas sejauh dua kilometer ke arah utara timur laut.

Balai Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Nusa Tenggara mencatat 14 kali letusan gunung api dengan tinggi abu mencapai 1. 500 meter. Hingga saat ini status gunung tersebut dari siaga ke awas.

Sebab, aktivitas Gunung Lewotobi tidak hentinya mengeluarkan material vulkanik.



”Gunung Lewotobi telah meletus sebanyak 14 kali. Setiap letusan diwarnai dengan guguran awan panas sejauh dua kilometer ke arah utara timur laut,” ujar Kepala Balai Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Nusa Tenggara, Zakarias Raja, Kamis (18/1/2024).



Menurut dia, bahwa guguran awan panas dipicu oleh terjadinya pemanasan kuba lava di kawah gunung. Meskipun demikian, pihak vulkanologi meminta warga agar tetap tenang dan terus waspada dengan kondisi Gunung Lewotobi.

Pihak Polres Flores Timur juga diminta untuk menyiapkan sistem buka-tutup ruas jalan di bagian utara timur laut Gunung Lewotobi. Selama 24 jam, data pos pengamatan mencatat 34 letusan, 8 di antaranya disertai awan panas dan 80 kali gempa guguran.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)