Raih Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, Pemprov Jabar Gelar Pawai

Selasa, 24 April 2018 - 23:23 WIB
Raih Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, Pemprov Jabar Gelar Pawai
Raih Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, Pemprov Jabar Gelar Pawai
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berhasil meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha atas keberhasilannya melaksanakan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan akan diberikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke XXII Tingkat Nasional di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan tanda kehormatan yang diberikan atas karya tertinggi pelaksanaan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Penghargaan ini pun menjadi sangat istimewa menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Aher, Juni 2018. Aher pun mengaku bersyukur akan mendapat penghargaan tertinggi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini. Baginya, ini merupakan kado terindah di penghujung tugasnya sebagai orang nomor satu di Jabar.

"Kita bersyukur mendapat hadiah tertinggi dari Presiden dalam prestasi pembangunan, yaitu Parasamya Purnakarya Nugeraha. Ini kado buat saya yang akan meninggalkan Gedung Sate," tutur Aher, belum lama ini.

Sementara itu, dalam konferensi pers yang digelar Selasa (24/4/2018), Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha berhasil diraih Pemprov Jabar berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPD) Provinsi Jabar atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dengan peringkat tiga besar berturut-turut secara nasional dalam kurun waktu antara 2014-2016.

Penyerahan penghargaan ini juga diperkuat dengan hasil Common Sense Survey (CSS) yang dilaksanakan pada 19-20 Februari 2018. Dalam survei tersebut, Tim Nasional turun langsung ke daerah untuk memverifikasi capaian kinerja dalam kurun waktu 2014-2016.

"Dalam pelaksanaan survei tersebut, setelah wawancara dengan Bapak Gubernur, dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Dalam survei juga dilakukan verifikasi terhadap berbagai inovasi daerah yang telah diterapkan dalam rangka peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik," jelas Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Dalam kesempatan itu, Iwa juga mengatakan, sebagai wujud syukur atas diraihnya penghargaan tersebut, Pemprov Jabar akan menggelar pawai keliling Kota Bandung, Kamis (26/4/2018) pukul 09.00-09.30 WIB.

Pawai akan mengambil rute Jalan Stasiun KA Bandung-Kebon Kawung-Pasirkaliki-Padjadjaran-Cihampelas-Wastukencana-LLRE Martadinata-Ir H Juanda-Sulandjana dan berakhir di Mesjid Al-Muttaqin Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

"Di pengujung kirab, Gubernur Aher bersama ASN Pemprov Jabar dan masyarakat akan melakukan sujud syukur di Masjid Al Muttaqin sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas diraihnya penghargaan tertinggi ini," katanya.

Iwa menambahkan, berkenaan dengan pelaksanaan pawai tersebut, akan dilakukan pengaturan lalu lintas pada jalur yang dilalui. Apabila berdampak terhadap kemacetan lalu lintas, atas nama Pemprov Jabar, Iwa menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

"Kebahagiaan atas diraihnya penghargaan ini harus dirasakan masyarakat Jabar," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7178 seconds (0.1#10.140)