Peduli Kesehatan Masyarakat, Pertiwi Jabar Gelar Operasi Katarak Gratis

Selasa, 16 Januari 2024 - 15:10 WIB
loading...
Peduli Kesehatan Masyarakat, Pertiwi Jabar Gelar Operasi Katarak Gratis
Komunitas Pertiwi Indonesia bersama PT Pos Indonesia menggelar kegiatan baksos operasi katarak gratis di RSUD Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (16/1/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Komunitas Pertiwi Indonesia menggelar kegiatan baksos operasi katarak gratis di RSUD Cikalong Wetan, Bandung. Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Pos Indonesia ini diikuti 150 peserta.

"Kita dibantu relawan-relawan mencari peserta. Sebetulnya dua minggu sejak dibuka pendaftaran, sudah ada pendaftar 150 orang, padahal target kita hanya 100 orang. Jadi kita tutup sebelum hari H karena antusiasme masyarakat. Mudah-mudahan semuanya bisa dioperasi semuanya, dengan syarat mereka sehat dan siap dioperasi," kata Ketua Pertiwi Jawa Barat Silvia Puspa Dianita, Selasa (16/1/2024).

Penyelenggaraan operasi katarak ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ibu 2023. RSUD Cikalong Wetan dipilih karena telah lama di rumah sakit tersebut tidak diadakan operasi katarak dan banya warga Bandung Barat yang mengalami gangguan penglihatan, khususnya para lansia.

"Pertiwi ini organisasi perempuan, fokus pada pemberdayaan wanita. Nah, penyelenggaraan baksos ini dalam rangka Hari Ibu 2023, agak tertunda sedikit karena mengatur jadwal dengan dokter mata Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dapatnya tanggal 16 Januari. Kita pilih di RSUD Cikalong Wetan karena di sini sudah tidak melakukan operasi katarak sejak tiga tahun lalu, sebelum pandemi," ujarnya.

Pertiwi Jabar berharap operasi katarak ini ke depan dapat menjadi agenda tahunan. Hal ini mengingat masih banyak masyarakat yang membutuhkan dan juga adanya dukungan dari sejumlah sponsor.

"Setelah kami informasikan kepada sponsor-sponsor, mereka mau jadi sponsor utama. Mereka mau pesertanya jangan cuma 150. Donatur-donatur mengalir, mereka senang. Mudah-mudahan baksos ini menjadi agenda tahunan, mudah-mudahan nanti ada agenda selain baksos," jelasnya.

Sekjen Pertiwi Indonesia Dara Eriza Iswari mengapresiasi operasi katarak ini. Kegiatan ini bisa membantu masyarakat khususnya warga di Bandung Barat. Terlebih kegiatan ini mendapat dukungan dari Pos Indonesia.

Kerja sama dengan Pos Indonesia dengan Yayasan Pertiwi Indonesia sebelumnya terkait sosilisasi kesehatan melalui film Kartu Pos Winie. Harapan kolaborasi ini bisa dilanjutkan lagi.

VP Regional 3 Bandung Pos Indonesia Agus Purwantoro yang hadir mengatakana, perusahaan yang berusia 276 tahun ini terus melakukan transformasi dan inovasi terhadap layanan dan bisnis. Selain bisnis, Pos Indonesia juga menjalankan pelayanan terhadap masyarakat. ”Operasi katarak ini salah satu bentuk kegiatan sosial di bidang kesehatan berkolaborasi dengan Pertiwi Jabar,” katanya.

Direktur RSUD Cikalong Wetan dr Wisnu memberikan apresiasi atas inisiasi dari Pertiwi Jabar dan Pos Indonesia. "Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara karena terakhir 2018 ada pelaksanaan kegiatan operasi katarak selama pandemi Covid-19," ujarnya.

Apresiasi juga datang dari Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Barat dr Hernawan Widjayanto. Menurutnya, operasi katarak ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat karena bisa melihat lagi.

Salah satu peserta baksos operasi katarak, Upi sangat senang dan bersyukur karena bisa menjalani operasi katarak. Kini penglihatannya kembali normal.

"Saya senang karena nanti bisa melihat jelas lagi. Sebelumnya sudah pernah operasi katarak yang mata kanan. Sekarang ini yang mata kiri. Jadi habis ini sudah sembuh dua-duanya," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)