Kapal Curah Raksasa MV Great Glen Sandar di Terminal Teluk Lamong

Selasa, 11 Agustus 2020 - 11:36 WIB
loading...
Kapal Curah Raksasa MV Great Glen Sandar di Terminal Teluk Lamong
MV Great Glen, kapal curah kering berbobot mati 93.251 ton sandar di dermaga Terminal Teluk Lamong. Foto/SINDOnews/Lukman Hak
A A A
SURABAYA - MV Great Glen, kapal curah kering berbobot mati 93.251 ton, sandar di dermaga Terminal Teluk Lamong.

Kapal berbendera Hongkong ini membawa muatan 71.582 ton pakan ternak asal Brazil dan dibongkar dalam waktu kurang dari 7 hari.

Ini merupakan Kapal Curah Kering dengan muatan terbesar sepanjang sejarah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Ini terobosan baru dari Pelindo III untuk membuat sistem bongkar curah kering terintegrasi dan ramah lingkungan. Sehingga mempercepat waktu pelayanan. Proses pelayanan kapal Terminal Teluk Lamong berbeda karena memiliki standar internasional dan peralatan canggih yang mempercepat proses bongkar muatan,” ujar Master Kapal MV Great Glen, Geng Jun, Selasa (11/8/2020).

Sejak tahun 2010, MV Great Glen melayani muatan curah asal Amerika Latin tujuan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Kapal sepanjang 229,2 meter ini menempuh perjalanan 20 hari dari Brazil ke Indonesia untuk melakukan bongkar muatan soybean meal atau bubuk kedelai di Terminal Teluk Lamong.

Soybean meal merupakan bahan utama pakan ternak. Industri pakan ternak di Jawa timur, memang cukup banyak dan besar.

Sebelum MV Great Glen, beberapa kapal curah kering internasional berukuran raksasa telah sandar dan melakukan pelayanan di Terminal Teluk Lamong.

MV Julius Olendorff asal Portugal bermuatan 60.000 ton, MV Medi Serapo asal Liberia bermuatan 68.597 ton dan MV Olympic Gemini asal Yunani.

“Kami melakukan inovasi dari sisi peralatan dan konsep ramah lingkungan. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan yang sudah mempercayakan jasa kepelabuhanannya di TTL “ ujar Direktur Utama Terminal Teluk Lamong, Faruq Hidayat. (Baca juga: Pemkot Surabaya Survei Kampung untuk Pemasangan Wifi Gratis)

Diketahui, PT Terminal Teluk Lamong adalah anak perusahaan milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang dibangun sebagai pengembangan dari Pelabuhan Tanjung Perak. (Baca juga: Kopi Kapal Api Perkuat Semangat Bonek Surabaya Perangi COVID-19)

Terminal ini dilengkapi dengan peralatan semi-otomatis. PT Terminal Teluk Lamong dijadikan sebagai solusi terbaik untuk memecah kepadatan dan mempercepat proses penyebaran arus barang khususnya dari dan ke wilayah Kawasan Timur Indonesia.

PT Terminal Teluk Lamong melayani jasa bongkar muat peti kemas dan curah kering.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)