Diterjang Air Sungai yang Deras, 2 Jembatan Gantung di Muratara Putus

Kamis, 11 Januari 2024 - 13:08 WIB
loading...
Diterjang Air Sungai yang Deras, 2 Jembatan Gantung di Muratara Putus
Dua jembatan gantung di Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel) putus. Foto/Ist
A A A
MURATARA - Dua jembatan gantung di Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel) putus. Dua jembatan yang membentang di atas sungai Rawas tersebut putus setelah diterjang air yang mengalami pasang akibat curah hujan tinggi, Kamis (11/1/2024).

Dua jembatan gantung yang putus itu persisnya berada di Desa Sosokan dan Desa Muara Kuis, Kecamatan Ulu Rawas, Muratara.

"Yang sudah terkonfirmasi ke kami ada dua yang putus, di Sosokan sama di Muara Kuis," kata Camat Ulu Rawas, Darmawan.

Dijelaskan Darmawan, banjir di sejumlah desa di wilayah paling hulu sungai Rawas tersebut terjadi sejak Rabu (10/1/2024) kemarin.



Namun kondisinya sempat surut, tetapi kembali naik dengan cukup cepat setalah wilayah itu diguyur hujan deras yang berlangsung lama.

"Sejak tadi malam kami siaga, tidak bisa tidur lagi, banyak warga kami sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman," ujar Darmawan.

Dia mengatakan, kondisi terkini debit sungai Rawas di wilayah hulu mulai menyusut kembali, namun masih sangat tinggi dan deras.

Darmawan mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai Rawas bagian hilir untuk siaga dan waspada terhadap kiriman banjir dari hulu.

Untuk diketahui, di hilir Kecamatan Ulu Rawas masih ada 4 kecamatan yang berada di bantaran sungai Rawas.

Mulai dari Kecamatan Rawas Ulu, Kecamatan Rupit, Kecamatan Karang Dapo, hingga Kecamatan Rawas Ilir.

"Untuk antisipasi segeralah mengevakuasi diri dan barang-barang ke tempat lebih aman, di hulu ini saja airnya tinggi apalagi di hilir," kata Darmawan.

Sebelumnya pada Sabtu (30/12/2023) dua pekan lalu, satu jembatan gantung di Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, putus setelah diterjang rumpun bambu yang hanyut saat air sungai Rupit pasang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4955 seconds (0.1#10.140)