Anggota Brimob Polda Jabar Tewas Tenggelam di Bendungan Cihamerang, Begini Kronologinya

Kamis, 11 Januari 2024 - 11:21 WIB
loading...
Anggota Brimob Polda Jabar Tewas Tenggelam di Bendungan Cihamerang, Begini Kronologinya
Aipda Hadiyanto, anggota Brimob Polda Jabar tewas tenggelam di Bendungan Cihamerang bekas disposal proyek Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu). Foto/Agus Warsudi/MPI
A A A
BANDUNG - Aipda Hadiyanto, anggota Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar tewas tenggelam di Bendungan Cihamerang bekas disposal proyek Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Sumedang pada pada Selasa 9 Januari 2024. Kronologi kejadian berawal dari jebolnya Bendungan Cihamerang.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, peristiwa bermula pada Senin (8/1/2024) sekitar pukul 05.00 WIB, saluran lama di bawah Bendungan Cihamerang jebol imbas dari tebing tebing. Akibatnya debit air di bendungan surut. Kondisi ini dikhawatirkan mengancam perumahan warga. Sejumlah warga mengungsi ke tempat aman, menjuahi tersebut.

"Kemudian pada Selasa (9/01/2024) sekitar pukul 07.00 WIB, 5 personel anggota tim SAR Sat Brimob Polda Jabar datang ke Bendungan Cihamerang untuk mengecek penyebab dan dampak dari menyusutnya air bendungan tersebut," kataKombes Pol Ibrahim Tompo, dalam rilis resmi, Kamis (11/1/2024).

Sekitar pukul 14.00 WIB, ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo, personel tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Aipda Hadiyanto melakukan pemantauan dengan menyelam dengan peralatan lengkap untuk mencari titik jebolnya saluran air. Kurang lebih sekitar 1 jam menyelam, tali pengaman yang diikatkan di tubuh korban serasa ditarik dari bawah air.



"Kemudian, tali yang masih menjulur ke atas ditarik oleh personel lain dan warga di lokasi kejadian. Setelah dapat ditarik ke atas, korban Aipda Hadiyanto diberikan pertolongan dan segera dilarikan ke RSU Sumedang. Namun personel tersebut gugur," ujar Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Almarhum Aipda Hadiyanto, kata Kabid Humas, telah dimakamkan Rabu, (10/01/2024) secara kedinasan sebagai penghormatan terakhir dan penghargaan dari Polri atas jasa dan pengabdian almarhum untuk kembali ke haribaan Ibu Pertiwi.

"Kami atas nama pribadi dan keluarga besar Polda Jabar menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Aipda Hadiyanto, salah satu anggota terbaik di Sat Brimob Polda Jabar. Semoga almarhum diterima di sisi Nya dan Husnul Khotimah,” ucap Kabid Humas Polda Jabar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)