Putus Rantai Penularan Covid-19, Muba Maksimalkan Pencegahan

Selasa, 11 Agustus 2020 - 10:41 WIB
loading...
Putus Rantai Penularan Covid-19, Muba Maksimalkan Pencegahan
Putus Rantai Penularan Covid-19, Muba Maksimalkan Pencegahan
A A A
SEKAYU - Sekda Muba Apriyadi mewakili Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin hadir bersama Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza dalam Rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD 2020. Rapat juga membahas mengenai Sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak, serta hindari kerumunan untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi Covid-19 melalui Video Conference di SBP Kemendagri, Senin (10/08/2020).

Dalam webinar ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mensosialisasi dan melakukan diseminasi secara masif terkait protokol kesehatan melalui lomba desa aman Covid-19.

Mendagri Tito juga memberikan arahan perihal lomba desa aman Covid-19 mesti mengikuti standarisasi protokol kesehatan, namun tanpa mengurangi krearifan lokal atau disebut local wisdom dari masing-masing daerah.

Misalnya, lanjut Tito penggunaan media wayang di beberapa daerah tertentu atau tokoh-tokoh agama, ulama dan lain-lain.

Selanjutnya, Mendagri Tito juga mengakui sosialisasi protokol kesehatan sangat perlu dilakukan lebih all out lagi, lantaran masih banyak warga masyarakat yang masih belum memahami pentingnya disiplin protokol kesehatan melihat tingkat penularan masih terus terjadi.

"Saya banyak menemukan masyarakat tidak menggunakan masker. Kemudian cuci tangan juga belum maksimal, jaga jarak masih terjadi, termasuk juga kerumunan sosial. Sehingga mengakibatkan tingkat penularan masih terus terjadi. Saya mengajak agar seluruh kalangan masyarakat bergotong-royong menjadi mesin penggerak melawan Covid-19, salah satunya melalui pembagian masker,"ucapnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya penggunaan masker untuk menekan laju penyebaran Covid-19, maka dibutuhkan sosialisasi penggunaan masker tidak hanya dari top-down atau pemerintah.

"Jadi, 4 protokol pemakaian masker, cuci tangan, jaga jarak, kerumunan sosial ini meskipun sudah kita lakukan dan saya yakin semua daerah sudah melakukan sosialisasi itu, tetapi belum maksimal, sehingga dibagi pertahap-tahapan,” ujarnya.

Menanggapi hal yang disampaikan Mendagri, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili oleh Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan bahwa Pemkab Muba siap dan akan terus meningkatkan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

" Pemerintah dan seluruh elemen Kabupaten Muba akan bersinergi melakukan langkah-langkah persuasif dan akan diupayakan secara bertahap atau sistematis mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Muba untuk tetap memakai masker dan hindari kerumunan sosial, dan selanjutnya ialah program cuci tangan dan jaga jarak,"ungkapnya.

Senada, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza mengatakan pihaknya sangat mendukung program pemerintah dengan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami TP PKK Muba Siap mendukung dan mensupport Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam melakukan sosialisasi pencegahan secara maksimal,"pungkasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)