Serangan Mengerikan Sriwijaya Picu Pertumpahan Darah dan Penaklukan Bangka

Rabu, 10 Januari 2024 - 07:15 WIB
loading...
Serangan Mengerikan Sriwijaya Picu Pertumpahan Darah dan Penaklukan Bangka
Prasastii Kerajaan Sriwijaya menggambarkan sebuah serangan mengerikan pernah dilakukan yang membuat banjir darah dan disebut sebagai kutukan kala itu. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
PRASASTI Kerajaan Sriwijaya menggambarkan bagaimana sebuah serangan mengerikan pernah dilakukan kala itu. Serangan dahsyat yang membuat banjir darah itu disebut sebagai kutukan yang dialami oleh daerah kekuasaan.

Fragmen prasasti Kerajaan Sriwijaya ditemukan tahun 1928 di Bukit Seguntang. Fragmen itu terdiri dari 21 baris dan menyebut adanya peperangan, seperti yang tertera pada baris ke-10 yang berbunyi tidak tahu pira marvya (ha) atau tidak tahu berapa banyak yang berperang.


Kemudian baris ke-5 yang berbunyi vañak pramirahña, atau banyak darah tertumpah. Lalu baris ke-9 yaitu pauravirakta atau merah (oleh darah) penduduknya, serta mamañcak yam praj ini yang diduga berkenaan dengan peperangan itu sendiri.

Fragmen ini juga memuat kutukan kepada mereka yang berbuat salah, sebagaimana dikutip dari "Sejarah Nasional Indonesia II : Zaman Kuno".



Prasasti singkat lainnya berupa dua buah fragmen prasasti dari tanah liat. Bahasa yang dipakai bahasa Sanskerta. Prasasti pertama disimpan di Museum Nasional, Jakarta dengan nomor D162, asalnya dari kampung Sabukingking, 2 Ilir bagian timur kota Palembang.

Isinya tentang kemenangan Raja Sriwijaya atas tentaranya sendiri yang membangkang, bukan atas musuhnya dari luar.



Dijelaskan secara tersyirat, bahwa keterangan-keterangan dari prasasti disimpulkan bahwa Kerajaan Sriwijaya telah meluaskan wilayah kekuasaannya hingga ke daerah Melayu.

Bahkan beberapa daerah di sekitar Jambi sekarang, sampai ke Pulau Bangka dan daerah Lampung Selatan mulai coba dkuasai oleh Sriwijaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)