Diduga Tak Netral, Lurah di Bandarlampung Dilaporkan Bawaslu ke KASN

Selasa, 09 Januari 2024 - 14:50 WIB
loading...
Diduga Tak Netral, Lurah di Bandarlampung Dilaporkan Bawaslu ke KASN
Bawaslu Bandarlampung melaporkan seorang lurah berinisial SG ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena diduga tak netral. Foto/Ist
A A A
BANDARLAMPUNG - Seorang lurah berinisial SG dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) oleh Bawaslu Kota Bandarlampung. SG diduga melakukan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Kota Bandarlampung Oddy Marsa mengatakan, Bawaslu bersama sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Bandarlampung meneruskan dugaan pelanggaran SG ke KASN, Senin (8/1/2024) kemarin.

Oddy menuturkan, selain SG selaku Lurah Perumnas Way Halim yang tidak Netral, Bawaslu Kota Bandarlampung juga melaporkan DC selaku Ketua RT 002 dan BW selaku Linmas RT 008 kelurahan Perumnas Way Halim kepada Walikota Bandarlampung untuk ditindaklanjuti.

"Pelanggaran netralitas ASN tersebut, ditemukan oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Way Halim, pada hari Rabu tanggal 15 Desember 2023," ujar Oddy saat dikonfirmasi, Selasa (9/1/2024).



Oddy menambahkan, sebelumnya sempat terbukti ada banner salah satu calon anggota DPR RI di aula dan halaman Kantor Kelurahan Perumnas Way Halim.

Menurut Oddy, atas dugaan pelanggaran netralitas yang telah dilaporkan tersebut, selanjutnya menjadi kewenangan KASN sebagai lembaga yang berwenang untuk menindaklanjuti.

Sementara itu, tambah Oddy, mengenai dugaan tindak pidana pemilu yang diduga dilakukan oleh lurah SG, kasusnya dihentikan lantaran tidak terbukti.

Sebelumnya, sebuah video menunjukkan sejumlah perangkat kelurahan di Bandarlampung diduga melakukan pemasangan banner salah satu caleg dari Partai NasDem beredar di media sosial.

Dalam beberapa video dan foto yang diterima MNC Portal, tampak sejumlah orang yang diduga sebagai RT serta Linmas tengah merangkai kayu yang digunakan untuk dipasang banner caleg bernama Rahmawati Herdiana calon anggota DPR RI.

Pada banner caleg tersebut juga tertulis bahwa Rahmawati Herdian merupakan anak kandung Herman HN yang merupakan Ketua Partai NasDem Lampung.

Sebagai informasi, Herman HN merupakan mantan Walikota Bandarlampung yang juga suami dari Eva Dwiana, Walikota Bandarlampung saat ini.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)