Blitar Diterjang Puting Beliung, 1 Warga Tewas dan 8 Tiang Listrik Roboh

Sabtu, 31 Maret 2018 - 20:19 WIB
Blitar Diterjang Puting Beliung, 1 Warga Tewas dan 8 Tiang Listrik Roboh
Blitar Diterjang Puting Beliung, 1 Warga Tewas dan 8 Tiang Listrik Roboh
A A A
BLITAR - Angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu (31/3/2018). Seorang warga tewas dan sedikitnya 8 tiang listrik ambruk dengan 5 di antaranya menimpa rumah warga.

Puting beliung yang disertai hujan deras menewaskan Kamsini (55), warga RT 02/RW 07, Dusun Bulu, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok. Saat angin dan hujan datang, warga sudah mengingatkan korban untuk meninggalkan gubuk. Namun, korban memilih bertahan dan tertimpa pohon tumbang yang meluluhlantakkan gubuknya.

Korban (Kamsini) sempat dilarikan ke puskesmas setempat. Kamsini meninggal dunia dengan luka serius di bagian kepala. "Satu pohon roboh menimpa gubuk tempat korban meninggal dunia (Kamsini) berteduh, " ujar Camat Nglegok Agus Zainal Arifin .

Agus Zainal menuturkan, empat desa yang diterjang puting beliung, adalah Desa Dayu, Desa Jiwut, Desa Modangan, dan Desa Bangsri. Sampai malam ini pihaknya masih berada di lokasi kejadian.

Delapan tiang listrik yang tumbang di jalan utama sudah berhasil disingkirkan dan aliran listrik masih padam. "Malam ini kami masih di lokasi. Yang belum dibersihkan tinggal pohon pohon tumbang di jalan desa, " tuturnya.

Puting beliung yang berlangsung cepat itu juga merusak sejumlah rumah warga. Angin mengoyak bagian atap dan sebagian besar menerbangkan genting rumah warga. Banyaknya pohon tumbang mengakibatkan lalu lintas di sepanjang jalan utama Blitar-Kediri (lewat jalur utara) itu macet total.

Irvan, warga Desa Krenceng, Kecamatan Nglegok mengatakan dampak puting beliung di desanya juga cukup parah. Tidak hanya merobohkan pohon, puting beliung juga merusak sebagian besar rumah warga.

"Di Krenceng, kondisinya juga parah. Sampai malam ini warga masih bekerja bakti membersihkan pohon yang melintangi jalan, " tuturnya. Informasi yang dihimpun, puting beliung juga merobohkan panggung sosialisasi pilihan Gubernur Jawa Timur di Desa Bangsri, Kecamatan Nglegok.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6198 seconds (0.1#10.140)