Puting Beliung Sapu 59 Rumah Warga Cimenyan, Arjasari, dan Ciparay Bandung

Sabtu, 30 Desember 2023 - 10:18 WIB
loading...
Puting Beliung Sapu 59 Rumah Warga Cimenyan, Arjasari, dan Ciparay Bandung
Penampakan puting beliung menerjang kawasan perumahan elite Dagor Resort, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Sebanyak 59 rumah warga di tiga kecamatan, Cimenyan, Arjasari, dan Ciparay, Kabupaten Bandung rusak akibat diterjang puting beliung pada Jumat (29/12) petang. Kerusakan mayoritas terjadi di bagian atap.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Hadi Rahmat mengatakan, hujan deras disertai angin kencang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, yaitu, Cimenyan, Arjasari, dan Ciparay.

”Di Kecamatan Cimenyan, 3 unit bangunan terdampak, 55 rumah rusak ringan, dan 1 unit rumah rusak berat,” kata Hadi Rahmat, Sabtu (30/12/2023).



Bencana angin puting beliung di Kecamatan Ciparay, ujar dia, menyebabkan 15 rumah rusak ringan. Sedangkan puting beliung di Kecamatan Arjasari, menyebabkan satu unit rusak ringan. ”Korban terdampak 16 kepala keluarga atau 61 orang jiwa,” ujarnya.

Petugas BPBD Jabar dan Kabupaten Bandung telah melakukan asesmen dan pendataan. Selain itu mengimbau masyarakat untuk waspada bencana. ”Petugas bersama masyarakat membersihkan material bangunan dan pohon tumbang yang diterjang puting beliung,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, angin puting beliung menerjang kompleks elite Dago Resort, Jalan Bukit Pakar Timur, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jumat (29/12) pukul 17.30 WIB. Akibat terjangan angin kencang itu, sejumlah pohon di dalam kompleks bertumbangan.



Peristiwa itu direkam video oleh warga dan beredar di media sosial (medsos). Dalam video yang beredar, terlihat angin itu mengoyangkan pohon-pohon besar di kawasan itu. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang. Bahkan, ada mobil tertimpa batang pohon tumbang tersebut.

Kapolsek Cimenyan Kompol Nanang Heru mengatakan, pohon tumbang dan atap rumah warga di kawasan elit Dago Resort beterbangan akibat diterjang angin puting beliung. ”Hujan disertai angin kencangmengakibatkan kerusakan atap rumah dan pohon tumbang,” katanya.

Nanang Heru menyatakan, akibat pohon dan tiang listrik tumbang, akses jalan menuju Dago Resort sempat terputus.

“Selain Dago Resort, puting beliung juga menerjang Kampung Sekepicung, Desa Mekarsaluyu. Tidak ada korban luka dan jiwa dalam peristiwa ini, hanya kerugian material atap rumah rusak tersapu angin dan tertimpa pohon tumbang,”ujarnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)